MalangPost - Amal Alghozali: Bersama Petani Menolong Negeri

Rabu, 12 Agustus 2020

  Mengikuti :

Amal Alghozali: Bersama Petani Menolong Negeri

Minggu, 19 Apr 2020, Dibaca : 8907 Kali

JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, mempercayakan urusan bidang pertanian kepada Amal Alghozali, politisi yang juga praktisi bidang pertanian. Urusan bidang pertanian ini bukan hal baru karena dia sudah menjalani tugas itu selama dua periode sejak tahun 2010.

Kali ini Amal dipercaya untuk menjabat Kepala Biro Pertanian untuk masa lima tahun pada periode 2020 – 2025. Kiprah Amal di bidang pertanian terbilang cukup panjang. Selama  hampir 20 tahun setelah pensiun dini dari profesi reporter dan penyiar televisi swasta.

Selain politisi, Amal juga dikenal sebagai tokoh yang memimpin gerakan sociopreneurship bidang pertanian. Ia aktif menggerakkan masyarakat agar bisa memiliki bisnis sendiri di bidang pertanian dan pangan, meskipun kecil.

Amal aktif melakukan advokasi petani dan peternak ayam. Membangun kluster sentra produksi ikan budidaya dan menghubungkan dengan pasar sehingga mata rantai distribusi menjadi pendek. Menyediakan teknologi teknik budidaya pertanian dan perikanan budidaya sehingga lebih efisien.

Amal yang memang tumbuh dari keluarga  petani ini, meyakini bahwa pertanian memiliki peranan kunci dalam pembangunan. Karena itu dalam melakukan gerakannya Amal mengusung motto: “Bersama Petani Menolong Negeri”.

Amal yang mantan Bendahara HKTI periode 2010-2015 ini, juga aktif di komunitas Indonesia Berkebun serta mendirikan Akademi Berkebun. Dua komunitas yang bergiat mempromosikan kesadaran masyarakat untuk berkebun serta memberikan edukasi seputar budidaya pangan dan hortikultura. (*/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : Net