MalangPost - Andreas dan OJK Gelar Penyuluhan Jasa Keuangan

Senin, 06 Juli 2020

  Mengikuti :


Andreas dan OJK Gelar Penyuluhan Jasa Keuangan

Kamis, 28 Mei 2020, Dibaca : 1389 Kali

MALANG - Anggota Komisi XI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Ir Andreas Eddy Susetyo menegaskan Pemerintah berkomitmen menjaga ekonomi di kuartal-II supaya tidak semakin terpuruk. Terlebih dampak pandemi Covid-19 semakin terasa bagi dunia usaha di tanah air, termasuk Malang Raya.


Hal ini ditegaskan Andreas Eddy Susetyo yang juga wakil rakyat dari Dapil V Malang Raya secara tertulis dalam acara penyuluhan jasa keuangan terkait stimulus OJK tterhadap masyarakat terdampak Covid-19 cecara door to door di Kabupaten Malang, Kamis (28/5).
Dalam kegiatan ini, juga dilakukan pemberian paket sembako kepada warga yang  terdampak Covid-19. Kegiatan secara door to door karena mematuhi protokol kesehatan saat pandemi Covid-19.  Yakni dengan tidak mengadakan kegiatan yang melibatkan banyak orang (kerumunan massa).
Terkait penyuluhan jasa keuangan, Andreas Eddy Susetyo melalui buku yang dibagikan kepada masyarakat mangatakan, bahwa pemerintah memberikan keringanan kepada masyarakat khususnya yang memiliki tanggungan cicilan kredit. “OJK sudah mengeluarkan kebijakan berupa restrukturisasi pinjaman atau pembiayaan terkait dampak pandemi Covid-19,” ucap tokoh asli Arek Malang ini.


Ayah satu anak ini mengingatkan,restrukturisasi tersebut bukan menghapus pinjaman tetapi memberikan keringanan pembayaran cicilan. Bentuk keringanan sesuai penilaian dan kesepakatan antara penerima pinjaman dengan pihak pemberi pinjaman dalam hal ini bank atau perusahaan leasing.
Diantara keringanan yang bisa didapat adalah penurunan suku bunga, perpanjangan jangka waktu kredit, pengurangan tunggakan pokok maupun bunga, penambahan fasilitas kredit/pembiayaan serta konversi pembiayaan/kredit menjadi penyertaan modal sementara.
“Untuk mendapat keringanan tersebut debitur dapat menghubungi langsung bank atau leasing  melalui telepon, email atau sarana komunikasi digital lain. Tidak perlu datang langsung ke kantor karena harus tetap disiplin social distancing,” papar Andreas.


Pria ramah ini mengajak semua lapisan masyarakat di Malang Raya untuk bekerjasama dalam memerangi pandemi Covid-19 dengan cara mematuhi protokol yang telah ditetapkan pemerintah. Diantaranya selalu memakai masker saat keluar rumah, menjaga jarak aman dengan orang lain, tidak mengadakan kerumunan serta selalu mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir.
“Selain itu marilah kita membangkitkan semangat gotong-royong saling membantu sesama agar kondisi tidak semakin parah,” pungkasnya.(nug/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Nugroho