Asap Rokok Bunuh Virus Covid-19

Minggu, 31 Mei 2020

  Mengikuti :


Asap Rokok Bunuh Virus Covid-19

Jumat, 20 Mar 2020, Dibaca : 8400 Kali

MALANG - Belakangan media sosial, baik facebook maupun whatsapp, beredar kabar bahwa asap rokok mampu membunuh virus Corona atau covid-19. Dalam pesan tersebut, tertulis bahwa perokok tidak bisa terpapar virus lantaran kandungan dalam rokok bisa menangkal virus tersebut.


Isi pesannya kurang lebih seperti ini. ‘Virus Corona tidak menyerang orang yang merokok karena komposisi tembakau dan cengkeh bisa menolak penyerangnya. Sehingga asap rokok ampuh untuk membunuh virus tersebut’.
Ketika ditelusuri, isi pesan tersebut tidak sepenuhnya benar alias hoax. Ketua Pokja Masalah Rokok Perhimpunan Dokter Paru Indonesia, Feni Fitriani langsung menampik hal tersebut.
"Ada yang memelintir kalau rokok bisa mematikan virus tersebut karena tidak tahan panas. Tentunya, ini tidak benar," tegas dia.
Bahkan menjadi perokok sesungguhnya membuat seseorang lebih mudah menjadi sakit. Bukan hanya virus Corona namun juga penyakit lainnya. "Misalnya, seperti kanker paru," kata dia.


Feni mengatakan, tanpa Covid-19 seorang perokok sesungguhnya sudah memiliki kerusakan pada saluran napasnya. "Tapi karena efeknya merokok jangka panjang setelah 20 tahun, 30 tahun, tidak secepat Covid-19, banyak masyarakat yang mengabaikan," urainya.


Maka dari itu, dengan ditemukannya Covid-19 berharap agar hal tersebut bisa membuat seorang perokok berhenti melakukan kebiasaan tersebut.
"Kita berharap dengan fenomena ini, orang yang masih berani-berani merokok akan lebih waspada. Jadi punya motivasi dari sisi takut kena Covid-19 buat berhenti. Karena dari sisi kesehatan mencegah lebih baik daripada mengobati," tandasnya.


Ia juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah mempercayai kabar yang beredar tanpa jelas sumbernya.

"Harus konfirmasi dulu. Jika informasi tersebut tidak jelas jangan ikut menyebarkan," paparnya.(tea/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Amanda Egatya