Aturan Wajib Tes Urine

Minggu, 31 Mei 2020

  Mengikuti :


Aturan Wajib Tes Urine

Rabu, 11 Mar 2020, Dibaca : 1500 Kali

GENERASI muda merupakan kelompok masyarakat yang rentan terhadap banyak ancaman. Salah satunya bahaya penyalahgunaan narkoba. Menjaga diri sendiri belumlah cukup. Aturan pemerintah menjadi salah satu tameng utama.


Hal itulah yang menjadi pokok pikiran Shervin Anggraeni, saat mengungkapkan permasalahan generasi muda Kota Malang. Juara Favorit Duta Anti Narkoba Tahun 2017 ini meyakini peran pemerintah daerah (pemda) sangat vital.
“Yang harus diperkuat pemda adalah lebih menekankan pada peraturan. Aturan bisa diperketat dan pengawasan dilakukan lebih terhadap generasi muda,” paparnya.


Salah satu cara yang bisa dilakukan yakni melakukan tes urine sejak masih remaja di sekolah maupun di kampus. Apabila terindikasi terlibat dalam penyalahgunaan narkoba, maka segera dilakukan rehabilitasi. Rehabilitasi pun harus dilakukan maksimal dengan cara menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN). Hal ini perlu dilakukan agar kasus penyalahgunaan narkoba tidak semakin meningkat.
“Kemudian melakukan upaya preventif seperti sosialisasi tentang bahaya narkoba ke berbagai kalangan baik remaja hingga masyarakat luas. Kalau bisa, setiap beberapa waktu tertentu BNN dan Polri melakukan pemeriksaan dengan tes urine,” jelasnya.


Hal ini dapat dilakukan rutin atau berkala agar menumbuhkan kesadaran diri serta efek jera pada pemakai maupun bandar.
Gadis kelahiran tahun 2000 ini melakukan berbagai strategi mencegah diri agar tak  terjerumus dalam hal-hal yang merugikan diri sendiri juga orang lain. Yakni membuat batasan terhadap diri sendiri.
“Dengan tidak mengikuti pergaulan yang sudah jelas salah. Kemudian mengalihkannya dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif. Bisa apa saja, mengembangkan bakat, hobi, atau ikut berbagai kompetisi,” urai Top 4 Duta Kampus Poltekkes Kemenkes Malang 2019 ini.


Sebagai salah satu mahasiswi yang konsen di ilmu kesehatan, Shervin mengungkapkan bahwa segala fasilitas kesehatan di Kota Malang sudah cukup memadai. Kinerja dan kualitas pelayanan di rumah sakit pun dapat diandalkan.
Hal ini menjadi salah satu keunggulan Kota Malang pula untuk memerangi ancaman narkoba di kalangan muda-mudi. Salah satunya mengembangkan inovasi untuk mencegah hingga menangani mereka yang terjerat narkoba.


Juara I Fashion Show DPD KNPI Kabupaten Malang Festival Pemuda dan Budaya Tahun 2018 ini berpesan agar generasi muda terus memanfaatkan fasilitas daerah secara  maksimal.
“Dengan mengembangkan potensi,skill maupun bakat dalam dirinya. Lebih aktif dalam berbagai kegiatan positif yang ada,” pungkasnya. (ica/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Francisca Angelina