MALANG POST - Ayo Bersyukur, Not Insecure

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


Ayo Bersyukur, Not Insecure

Rabu, 18 Des 2019, Dibaca : 5898 Kali

Film Imperfect: Karir, Cinta, dan Timbangan? Yang mengangkat tema tentang body shaming ini ternyata mampu menarik perhatian para milennials loo. Sejak trailernya diunggah di YouTube 8 November lalu, sudah ada lebih dari dua juta orang yang menonton video tersebut. Selain itu antusiasme juga dapat dilihat dari banyaknya followers di akun Instagram resmi Film Imperfect yaitu sebanyak lebih dari 81 ribu followers.
Film Imperfect yang akan tayang di tanggal 19 Desember 2019 ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Rara. Rara yang diperankan oleh Jessica Mila ini memiliki bentuk tubuh yang cukup berisi. Di film ini, ia berusaha mengubah statement dan bully-an orang lain menjadi sebuah penyemangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
Walaupun memiliki perawakan yang tidak sempurna di mata orang lain, namun siapa sangka hatinya yang baik dan mulia membuat Dika, tokoh pria yang diperankan oleh Reza Rahardian menjadi jatuh hati sehingga mampu mencintai Rara tanpa memandang fisik.
Film yang disutradarai oleh Ernest Prakasa ini adalah sebuah perwujudan audiovisual dari novel karya Meira Anastasia yang juga merupakan istri dari Ernest. Selain diharapkan mampu memberikan tontonan yang menarik, film ini ternyata juga memiliki motif untuk dapat memberikan banyak pembelajaran kepada masyarakat tentang maraknya body shaming dan hal lain yang dapat menurunkan rasa percaya diri.
Pada 14 Desember lalu, beberapa pemain film Imperfect Bersama penulis novel dan sutradaranya melakukan premiere di Kota Malang. Sebelumnya mereka juga melakukan serangkaian acara yaitu movie education yang bertempat di salah satu Gedung milik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya.
Dijelaskan oleh salah satu genzier asal Universitas Brawijaya, Rika Aliyailma bahwa rangkaian acara movie education berlangsung cukup ramai. Dengan adanya stand up comedy dan sharing-sharing mengenai film imperfect langsung bersama para cast, sutradara, dan penulis novel Imperfect yaitu Reza Rahadian, Jessica Mila, Ernest Prakasa, dan Meira Anastasia, membuat penonton makin tertarik untuk menonton film Imperfect.
“Setelah ikut acara movie education film Imperfect itu aku tahu bahwa Insecure itu muncul karena diri sendiri yang selalu membandingkan dengan dan berkaca dengan orang lain,” ungkap Rayi
Dirinya juga menambahkan bahwa tagline film Imperfect yaitu “ubah insecure jadi bersyukur” diharapkan bisa mengendalikan insecure di masing-masing individu serta mengurangi rasa tidak percaya diri dengan apa yang sudah dimiliki. Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi ini juga mendapat pelajaran berharga dari sesi sharing di acara movie education bahwa semua orang itu harus bersyukur, insecure boleh tetapi tetap harus belajar untuk mengubah pola pikir agar bisa lebih percaya diri dan belajar memperbaiki diri sendiri.
Ada tanggapan dari genzier asal SMA Negeri 1 Malang, Adelia Hasna Nabilla. Mengungkapkan bahwa pertama kali dirinya menonton trailer adalah dari cuitan di Twitter milik Ernest dan ada link yang membawanya menuju akun Instagram resmi Film Imperfect. Di Instagram TV akun tersebut memuat trailer dari film Imperfect. Disitu diperlihatkan sosok Rara (Jessica Mila) yang merasa insecure dengan kata-kata yang sering dilontarkan oleh orang-orang di sekitarnya. Menurut Adelia sang sutradara Ernest dan Meira istrinya sebenrnya membawakan cerita yang simple dan umum terjadi di sekitar kita, namun karena ini relate dengan kehidupan dan hampir semua orang merasakan ketakutan di diri mereka sendiri jadi membuat orang-orang lain terguguah untuk nonton film Imperfect ini.
Dia berharap alur dari film ini mampu merubah pandnagan banyak orang terkalit konsep sempurna yang memang didambakan oleh semua orang. Jadi dengan begitu film ini nanti akan sangat bagus untuk dintonton dan bisa menkonstruksi pandangan orang terkait kesempuraan. Karena sejatinya setiap manusia memiliki pandangan dan kriteria masing-masing sehingga kita tidak bisa menjadi perfect di mata semua orang, tetapi kita bisa belajar untuk menjadi lebih baik dari kritik orang di sekitar.
“Aku berencana nonton banreng temen-temen dan berharap film ini bisa mewakilkan apa yang sebenarnya ingin aku ungkapkan ke orang lain tanpa harus menyinggung perasaannya. Semoga film ini bisa bikin aku dan semua orang yang menonton sadar akan kekurangan masing-masing tanpa harus dikritik terlebih dahulu,” tutur Adelia dengan antusias.
Nah buat kalian yang berencana nonton Film Imperfect ini jangan sampai kehabisan tiket ya! Dan semoga film ini bisa memberikan sejuta manfaat bagi para penontonnya #supportyourlocalproduct. (*/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Genzi