MalangPost - Bangga Berkesenian Daerah

Senin, 10 Agustus 2020

  Mengikuti :

Bangga Berkesenian Daerah

Sabtu, 28 Mar 2020, Dibaca : 1674 Kali

CHELIA Cantika Putri Wibowo memiliki hobi menari. Hobi ini membawa kebanggaan baginya karena bisa  mengenalkan budaya Indonesia pada dunia.
"Pada acara Merajut Perbedaan Budaya Antar Bangsa di Songgoriti, Kota Batu, aku berkesempatan menari di hadapan puluhan mahasiswa asing dari Jepang dan Mesir. Ini menjadi suatu kebanggan bagiku karena budaya Indonesia di kenal warga asing ," ujar Cantika kepada Malang Post.


Perempuan kelahiran Batu, 4 September 2020 ini bersama teman-temannya menampilkan tarian Sugeng Rawuh Songgoriti. Tarian tersebut tarian wajib untuk menyambut tamu yang datang ke Songgoriti.
Lebih lanjut, selain tari khas Songgoriti, perempuan yang masih belajar di SMA Negeri 02 Batu juga belajar tari tradisional lainnya. Beberapa diantaranya tari Puspanjali dari Bali dan tari daerah lainnya. Dia belajar tari di sanggar tari Anggoro Laras Kota Batu.
"Belajar kesenian seperti tari daerah sangat bermanfaat. Apalagi diera modern saat ini. Karena berbagai budaya masuk dengan mudah ke Indonesia. Jika tidak dipelajari, semua yang khas dari Indonesia akan kalah," bebernya.


Menurut Cantika, generasi muda menjadi salah satu pondasi dalam mempertahankan budaya bangsa. Oleh sebab itu ia berharap banyak anak muda mau belajar kesenian daerah. (eri/gis)

Editor : Guest Gesang
Penulis : Kerisdiyanto