MalangPost - Belajar Dari Rumah Diperpanjang Sampai 14 Juni

Senin, 13 Juli 2020

  Mengikuti :

Belajar Dari Rumah Diperpanjang Sampai 14 Juni

Jumat, 29 Mei 2020, Dibaca : 1635 Kali

MALANG – Dinas Pendidikan Kabupaten Malang memperpanjang waktu Belajar Dari Rumah (BDR) Kabupaten Malang hingga 14 Juni 2020 mendatang. Salah satu alasannya karena masa pandemi Covid-19 masih belum berakhir.
“Masa BDR diperpanjang sampai 14 Juni. Selain masih pandemi Covid-19, juga untuk persiapan masa transisi New Normal,’’ kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Dr Rahmat Hardijono kepada Malang Post.


Rahmat mengatakan, untuk memulai New Normal banyak yang harus dipersiapkan.

Tidak hanya guru dan siswa, tapi juga gedung dan fasilitas sekolah.  Untuk gedung harus dipersiapkan betul, sehingga saat siswa masuk tidak ada kendala dan bisa belajar dengan nyaman.
“Saat pemerintah pusat memutuskan BDR, praktis sekolah kosong dalam waktu cukup lama. Sehingga ketika akan masuk lagi, harus cek dan ricek supaya tidak terjadi sesuatu,’’ ujarnya. Ketika terjadi kerusakan, sekolah bisa menggunakan anggaran dari Bosnas Reguler yang keluar pada 2 Juni mendatang.


Selain gedung, fasilitas air dan listrik juga harus diricek betul. Jangan sampai air atau listrik mati saat siswa sudah masuk. Karena air menjadi sarana penting untuk protocol kesehatan. Sebab siswa harus sering mencuci tangan.
Sedangkan untuk tempat mencuci tangan, dikatakannya sudah tidak ada masalah. Dia memastikan seluruh sekolah di Kabupaten Malang sudah memiliki sarana atau fasilitas mencuci tangan.


Lebih lanjut, selain fasilitas sekolah, kesiapan siswa juga harus diperhatikan. Karena nantinya siswa harus beradaptasi lagi. Ketika masuk siswa juga wajib memakai masker.
“Perpanjangan BDR hanya berlaku untuk siswa. Sedangkan untuk guru tidak, karena mulai 2 Juni  sudah masuk untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB),” tuturnya sembari menunggu panduan dari pusat untuk teknis pembelajaran saat New Normal Life.(ira/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Ira Ravika