Belajar #Dirumahaja, Tantang Siswa Buat Project

Kamis, 28 Mei 2020

  Mengikuti :


Belajar #Dirumahaja, Tantang Siswa Buat Project

Minggu, 19 Apr 2020, Dibaca : 2586 Kali

MALANG - Ikut mendukung program merdeka belajar yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), SMK Telkom Malang menerapkan model pembelajaran mengasyikkan selama #dirumahaja dengan berbasis Project and Subject Collaboration dalam even Merdeka Belajar Challenge (MBC).


Pembelajaran daring ini menjadi unique value siswa dalam berkarya dan meningkatkan skill mereka untuk personal branding sesuai dengan implementasi pembelajaran Abad 21 (Critical Thingking, Creative, Communicative, and Collaboration).
"Karena sekarang ini sedang masa Covid-19 jadi kami melakukan pembelajaran jarak jauh. Pada dasarnya sama dengan pembelajaran lainnya hanya saja kami ada unique program bagaimana bisa melatih anak-anak membuat project sesuai passionnya," ujar Kepala SMK Telkom Malang, Agoes Windarto, ST.


Dalam MBC tersebut siswa kelas X dan XI SMK Telkom Malang ditantang untuk membuat sebuah project setiap minggunya sesuai dengan tema yang ditentukan. Masing-masing siswa akan mendapat project sesuai dengan pembagian Subject Collaborationnya, satu project merupakan hasil kolaborasi beberapa mata pelajaran.
Project yang dibuat tersebut meliputi tiga kategori yaitu Web Design, Motion Graphic, dan Graphic. Hasil project siswa inilah yang dikompetisikan dalam MBC dengan reward berbagai hadiah menarik seperti pulsa, uang tunai dan lain sebagainya.
"MBC sendiri terbari menjadi dua batch karena berbeda project di setiap minggunya. Nantinya, setiap kelas akan diambil tiga pemenang dan dalam satu angkatan dipilih dua sampai lima terbaik sesuai kategori," terang Agoes.


Untuk kategori web design dipilih The Best 2, Motion Graphic dipilih The Best 5 dan Graphic dipilih The Best 5. Pemenang tiap kelas akan mendapat reward kuota atau pulsa senilai Rp 100 ribu dengan provider Telkom Group. Sedangkan untuk Top 2 Web Desgin, Top 5 Motion Graphic dan Top 5 Graphic akan mendapat reward tambahan dapat mengikuti webinar dengan expert 3 bidang tersebut plus dengan panelis dari Dunia Indusri/Dunia Usaha.
"Saat ini temanya masih Covid-19, apabila saat ini pelajarannya Bahasa Inggris dan Kimia jadi penyampaiannya harus menggunakan Bahasa Inggris," tegasnya.


Ia memaparkan project tematik yang diterapkan SMK Telkom Malang ini sudah berjalan selama satu Minggu ini. Kegiatan belajar menyenangkan ini turut mendapat antusias dan respon positif dari siswa.
"Projectnya per siswa total kelas X dan XI sebanyak 1.020 siswa, saat ini sudah ada ribuan karya hasil dari siswa kami, harapannya kami memiliki target pembelajaran bisa tersampaikan kepada mereka tanpa merasa jenuh, digurui atau bosan karena dilakukan sesuai kreasi dan passion mereka," tandas Agoes. (lin/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Linda Epariyani