MalangPost - Belum Tentukan Sikap, NasDem dan Gerindra Tunggu Arah Angin

Selasa, 04 Agustus 2020

  Mengikuti :

Belum Tentukan Sikap, NasDem dan Gerindra Tunggu Arah Angin

Minggu, 23 Feb 2020, Dibaca : 1275 Kali

MALANG - Partai NasDem dan Gerindra masih belum menentukan sikap kemana arah Pilkada 2020 nanti. Apakah koalisi dengan Parpol lain yang sudah memiliki calon, ataukah maju mengusung calon sendiri sebagai poros tengah. Kedua partai itu masih menunggu arah angin dan tentunya instruksi dari DPP.
"Posisi kita (NasDem) masih terbuka. Dalam artian belum tertutup serta belum menentukan sikap. Apakah maju sendiri (mengusung pasangan calon sendiri, red) atau berkomunikasi dengan Parpol lainnya," jelas Ketua Pendaftaran dan Penjaringan DPD NasDem Kabupaten Malang, Amarta Faza.


Sejauh ini, lanjut Faza, NasDem sudah berkomunikasi dengan Parpol lain. Terutama dengan PDI Perjuangan ataupun PKB. Karena NasDem tidak mau salah langkah dalam mengambil keputusan.
"Ada banyak kemungkinan untuk NasDem. Maju sendiri ada kemungkinan, atau berkoalisi dengan partai merah (PDI-P) ataupun partai hijau (PKB). Karena sampai saat ini komunikasi masih terus terjalin," terangnya.


Ketua Fraksi NasDem ini menambahkan bahwa muara keputusan berada di tangan DPP NasDem. DPD NasDem Kabupaten Malang hanya melakukan konsolidasi dengan Parpol lain. Hasil konsolidasi akan dilaporkan ke DPW NasDem Jawa Timur, dan siapapun calon yang direkom tergantung pada DPP NasDem.


Terkait poros tengah berkoalisi dengan Partai Gerindra, menurut Faza bahwa hal itu menjadi salah satu opsi langkah NasDem di Pilkada 2020. Karena selama ini komunikasi dengan Gerindra juga terus berlanjut. Tetapi untuk keputusan tetap menunggu dari DPP NasDem.
"Sekali lagi bahwa posisi NasDem sekarang ini masih terbuka. Belum ada kesan menutup karena belum ada keputusan resmi dari DPP NasDem," urainya.


Soal calon yang dimunculkan, Faza mengaku masih belum mengarah dan mengangkat siapa calonnya. Karena masih menunggu kepastian berkoalisi dengan partai lain. Begitu sudah ada ikatan politik, baru nantinya akan mengerucutkan pada nama calon yang diunggulkan.
"Kita sudah ada tujuh orang yang mendaftar. Itu menjadi salah satu opsi poros tengah. Dan pastinya juga berkoalisi karena NasDem hanya memiliki tujuh kursi. Tetapi keputusannya berada di DPP NasDem," paparnya. (agp/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Agung Priyo