Berawal dari Video Klip Lokalan, Kini Garap Artis Nasional

Rabu, 03 Juni 2020

  Mengikuti :


Berawal dari Video Klip Lokalan, Kini Garap Artis Nasional

Rabu, 11 Mar 2020, Dibaca : 3048 Kali

SEMPAT kerja di bank, Wahyu Taufani Prialangga ubah haluan. Ia memilih bekerja sesuai hobi yang ditekuni sejak bangku kuliah. Yakni videografi. Hasilnya maksimal, Prialangga dipercaya menggarap videoklip sejumlah artis nasional. Di antaranya Virzha dan grup band Lyla.


Hobinya ladang rejeki. Begitulah lika liku Prialangga. Pria ramah ini lama menekuni hobi di bidang videografi. Bermula dari menggarap video klip artis lokal, hasil karyanya kemudian dilirik artis nasional.
Perjalanan karirnya diawali dengan kegemarannya terhadap videografi dan perfilman. Sejak berada di bangku kuliah, ia sudah mulai aktif membangun bisnis videografi yang diawali dari event wedding.
"Saat itu, membangun semacam event organizer (EO) bersama teman kuliah. Namun, saya memutuskan untuk keluar," papar alumnus jurusan Ilmu Komunikasi, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini.


Setelah lulus kuliah, ia sempat menjadi pegawai bank. Persisnya di bagian marketing. Profesi itu dijalaninya selama kurang lebih satu tahun. Setelah itu, ia mulai mencoba untuk merintis kembali hobinya di bidang videografi. "Saya mulai merintis karir lagi dari nol, hanya mengandalkan kemampuan dan kegemaran saya di bidang videografi. Setelah kerja di bank, akhirnya paham bagaimana cara melakukan penawaran kepada klien," papar dia.


Ketika mulai membangun bisnisnya sendiri, ia bergerak serba mandiri. Mulai menawarkan kepada klien hingga membuat konten video sendiri. Dia mulai berpikir keras dan memanfaatkan segala celah. Yakni membuat video klip atau film pendek yang memang jarang digarap orang. "Selain itu, jaringannya juga jauh lebih luas. Sehingga, menarik perhatian orang dan mudah terekspos," lanjutnya.


Sampai pada akhirnya, tahun 2018 lalu, ia dipercaya membuat video klip dari salah saru band indie Malang, Coldiac. Ada banyak lagu yang digarap, mulai berjudul Wreck This Journal, Tara dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan, video klip berjudul Tara berhasil mendapatkan apresiasi dan memenangkan video klip terbaik versi lumix Indonesia Panasonic. Sementara, untuk Wreck This Journal menjadi salah satu predikat video klip terbaik versi GeMusik.com. Sejak saat itu, nama Prialangga semakin dikenal. Karyanya pun mendapat perhatian publik dan melahirkan jejaring yang semakin luas. Beberapa artis lokal mulai melirik Prialangga. "Saya pernah mengerjakan video klip Christabel Anora, Sal Priadi dan banyak lainnya," kata pria yang tinggal di Jalan Selorejo, Kota Malang ini.


Kemudian, artis-artis nasional juga mulai melirik Prialangga. Beberapa dari mereka sering meminta dia untuk membuat video klip. Di antaranya Lyla, Fatin Shidqia Lubis, Agatha Chelsea dan masih banyak lagi. "Beberapa label juga, mulai dari Aloha Record hingga Sony," ujarnya.
Selain itu, ia juga membuat web series berjudul 'Berpayung' Rindu yang digarapnya bersama band Unda-Undi. "Itu pertama kalinya saya membuat web series. Ini berbeda dibanding pengerjaan video klip," jelas dia.


Dalam membuat video klip maupun web series, Prialangga mendapatkan inspirasi dari true story, baik kisah pribadinya maupun orang-orang di sekitarnya. Bahkan, dalam memilih properti pun, harus benar-benar detail. "Barangnya harus original. Kalau memang butuh barang dari mantan, ya ketemu. Saya ingin jujur," jelas dia.


Melalui video klip itu, sekaligus menyampaikan apa yang ia rasakan. "Saya nggak bisa cerita ke orang, saya sampaikan melalui visual," ujarnya sambil terkekeh.
Sementara, untuk beberapa penggarapan video klip lainnya, ia juga mematangkan konsep sesuai dengan target pasarnya. Serta, menyesuaikan hasil dari sang pencipta lagu. "Sehingga ceritanya bisa lebih kena di penonton," papar dia.
Ke depan, Prialangga ingin menggarap project yang lebih besar lagi, yakni film layar lebar. "Saat ini pelan-pelan dulu, mulai dari film pendek hingga web series. Mudah-mudahan bisa segera terwujud," harapnya. (Amanda Egatya/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Amanda Egatya