MalangPost - Berendam di Laut Tak Bisa Singkirkan Corona

Kamis, 13 Agustus 2020

  Mengikuti :

Berendam di Laut Tak Bisa Singkirkan Corona

Minggu, 05 Apr 2020, Dibaca : 9648 Kali

Beberapa waktu belakangan, di beberapa media sosial, baik facebook maupun whatsapp, beredar sebuah pesan berantai yang cukup meresahkan warga. Pesan tersebut menjelaskan bahwa berendam di laut bisa menghalau virus corona. Bahkan, diisi dengan saduran sebuah berita.

Dalam berita tersebut, berisi cerita tentang puluhan pemuda di Medan yang berendam di laut sekitar Pelabuhan Belawan. Mereka meyakini air laut mampu menghalau virus, termasuk covid-19.

Namun, setelah ditelusuri, kabar tersebut tidak sepenuhnya benar alias hoax. Dokter spesialis paru, Erlina Burhan menjelaskan, berendam di laut bisa mengobati infeksi virus Corona Covid-19 itu tidak benar.

"Itu tidak benar. Mustahil Covid-19 bisa disembuhkan hanya dengan berendam di laut," kata dia.

Sebab, lanjut Erlina, virus Corona tidak menyerang permukaan tubuh seperti kulit, melainkan menyerang sel-sel di dalam tubuh. Setelah virus tersebut masuk ke mata, mulut, atau hidung lewat tetesan atau droplet orang yang mengidap Covid-19.

"Virus yang berada dalam tetesan itu kemudian bergerak ke bagian belakang hidung dan selaput lendir di belakang tenggorokan, lalu menempel pada reseptor tertentu dalam sel. Paku-paku dalam virus itu kemudian mengait ke membran sel sehingga memungkinkan materi genetik virus memasuki sel manusia," kata dia

Dia menjelaskan, postingan tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan. Sebab, selama ini, masih belum ada landasan ilmiah terkait hal tersebut. "Tidak ada landasan ilmiah bahwa kadar garam tertentu yang bersentuhan dengan kulit itu bisa mematikan virus," imbuh dia.

Menurutnya, penyakit yang disebabkan oleh virus, termasuk Covid-19, hanya bisa disembuhkan dengan kombinasi obat-obatan, termasuk antivirus, yang berfungsi untuk memutus atau menghambat replikasi virus dalam sel tubuh manusia. "Saat ini, ada beberapa studi multicenter untuk mencari obat yang efektif," kata dia.

Berendam di laut pun tidak tercantum dalam rekomendasi pencegahan Covid-19 oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Bahkan, cara yang paling efektif untuk melindungi diri dari Covid-19 adalah rajin membersihkan tangan dengan sabun dan air atau pembersih berbasis alkohol, menjaga jarak setidaknya 1 meter dari orang yang batuk atau bersin, tidak menyentuh mata, hidung, dan mulut. Selain itu, menutup mulut saat batuk dengan siku yang terlipat atau tisu, serta mengisolasi diri jika merasa tidak sehat.

"Kalau memang kondisi tubuh dirasa semakin lemah, segera datang ke rumah sakit agar segera mendapat pertolongan," pungkas dia.(tea/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Amanda Egatya