MalangPost - Berkerumun, 37 Orang Terjaring Razia

Senin, 10 Agustus 2020

  Mengikuti :

Berkerumun, 37 Orang Terjaring Razia

Minggu, 26 Apr 2020, Dibaca : 1824 Kali

MALANG - Polres Malang menjaring 37 orang berkerumun, Kamis malam (23/4). Mereka dijaring karena berkumpul dan nongkrong di tempat umum. Operasi Cipta Kondisi malam menjelang ramadan tersebut digelar di wilayah Kepanjen dan Pakisaji.
AKBP. Hendri Umar, Kapolres Malang mengatakan, wilayah Kabupaten Malang terjadi pandemi corona. Makanya, warga dilarang berkerumun.
“Wilayah Kabupaten Malang saat ini sedang terjadi pandemi penyebaran virus corona covid 19. Kami menggelar operasi ini agar masyarakat mentaati imbauan pemerintah untuk menghindari kerumanan massa dan meminimalisir aktivitas di luar rumah,” kata Hendri.


Untuk melaksanakan operasi ini, Polres Malang membentuk tiga tim.  Masing-masing tim dipimpin oleh perwira, yaitu AKBP Bindrio, Anjak Bidsumda, Iptu  Sugik Hernawan Kasiwas Polres Malang, dan Ipda Choirul Mustofa Kasi Propam Polres Malang. Sebelum tim ini berangkat, Kapolres mengingatkan agar para anggota tetap memperhatikan protokol kesehatan.


Tim pertama bergerak ke rute Jalan Ahmad Yani, Pasar Kepanjen, Jalan Sumedang, Jalan Raya Panggungrejo, Jalan Raya Mangunrejo, Jalan Raya Sengguruh, Jalan Raya Kemiri, Sanggrahan, Jalan Raya Panji, Jalan Raya Sultan Agung dan kembali ke Malpores Malang, saat malam hari.
Dari patroli social distancing, Polres Malang menjaring enam orang. Mereka kedapatan sedang nongkrong dan berkumpul di rental PS di kawasan Sengguruh Kepanjen. Enam orang tersebut, diminta membuat surat pernyataan untuk tidak mengulangi berkumpul selama masa covid.


Lalu, tim dua dan tim tiga, bergerak ke Kepanjen dan mengarah ke utara, yaitu Pakisaji, sampai kawasan Karangduren. AKBP Bindrio, koordinator tim patroli, menegaskan bahwa tugas polisi saat ini adalah memotong, memangkas dan menghentikan penyebaran virus covid-19.
“Kita sedang melaksanakan tugas mulia menyelamatkan jiwa, tapi yang kita tertibkan tidak suka dengan tindakan kita. Karena itu, kita harus laksanakan tugas dengan ikhlas, dan tak melupakan bahwa tujuan kita ini baik, semoga Tuhan selalu melindungi kita semua,” papar Bindrio.


Tim tersebut, bergerak ke arah Karangduren, Puskesmas Pakisaji dan menjaring warga yang nongkrong malam hari di warung kopi kawasan Penarukan, dan Karangduren. Dari hasil operasi, ada 31 orang yang dijaring dan ditegur. Mereka dimintai surat pernyataan dan identitas.
“Kami berikan pembinaan, dan pemberian tindakan berupa surat pernyataan. Mereka yang tidak memakai masker, langsung mendapatkan masker dari petugas,” tutup Kasubbag Humas Polres Malang, Ipda Nining Kusumawati.(fin/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Fino Yudistira