MalangPost - Berpetualang ke Negeri Avatar di Zhangjiajie Tiongkok

Senin, 10 Agustus 2020

  Mengikuti :

Berpetualang ke Negeri Avatar di Zhangjiajie Tiongkok

Minggu, 26 Jan 2020, Dibaca : 11379 Kali

Steven Avo Kristanto, backpacker asal Malang ini baru saja mendatangi Kota Fenghuang. Yakni sebuah kota kecil yang terletak di dekat batas barat provinsi Hunan yang didirikan pada zaman pemerintahan kaisar Kangxi, Dinasti Qing atau dinasti terakhir dalam sejarah Tiongkok.

Fenghuang disebut juga sebagai Kota Phoenix lantaran dulunya banyak legenda mengisahkan ada sepasang burung phoenix yang sedang mencari sarang dan tinggallah di Kota Fenghuang. Sebagian besar penduduk di kota kecil ini adalah suku Miao, suku minoritas di Tiongkok.

   Baca juga : Zhangjiajie China Surganya Makanan


Fenghuang The Phoenix Ancient City terletak di sepanjang aliran sungai Tuojiang dan Guantou, berkat keindahan yang tersaji kota ini menjadi situs warisan dunia UNESCO sejak tahun 2008 silam.
"Phoenix Ancient City masih memiliki esensi dari China kuno. Dari era kuno, tempat wisata di Zhangjiajie ini adalah rumah dari kelompok minoritas Tujia and Miao Etnis dengan bangunan menggunakan kayu," ujar Steve, sapaan akrabnya.
Ia melanjutkan, perjalannya kali ini adalah mengeksplor provinis Hunan tepatnya mengunjungi pegunungan Avatar di Zhangjiajie (Hallelujah Mountain). Selain itu juga beberapa tempat menarik lainnya yaitu Tianmen San, Baofeng Lake, Huanglong Cave dan Phoenix Ancient City di Fenghuang.
Pegunungan Avatar tersebut pernah kita jumpai dalam serial film Avatar, khsususnya pada adegan perang di antara gunung-gunung yang melayang di udara. Latar tersebut muncul lantaran terinspirasi dari  Zhangjiajie. Bahkan saat ini Hallelujah Mountain dikenal dengan sebutan Pegunungan Avatar.
"Zhangjiajie merupakan sebuah kawasan alam yang sangat indah di provinsi Hunan ,bentuk geologi alamnya unik dan beragam dari hutan, gua, danau, hingga gunung-gunung yang berbentuk seperti menara yang menjulang keatas lebih dari 300 bukit yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan dari seluruh dunia," paparnya.
Selanjutnya, Steve berkunjung ke Baofeng Lake. Gunung yang berada di Wulinyuan Scenic area ini memiliki luas 30 hektare dan kedalaman mencapai 72 meter terbentuk dari air bawah tanah, air pegunungan dan juga air hujan.
"Setelah itu saya berkunjung ke Huanglong Cave atau dikenal dengan sebutan Yellow Dragon Cavern atau The Dragon King's Palace, ini gua terbesar di Cina dengan luas area lebih dari 100 ribu meter persegi," tutup laki-laki 36 tahun ini.
Huanglong Cave memiliki panjang 7.6 kilometer, tinggi 140 meter serta terbagi menjadi dua area kering dan dua area tergenang air. Tak lupa ia juga mampir ke Tianmen San yakni Heaven's Door, sebuah lubang besar selebar 30 meter yang terdapat diantara dua tebing. Untuk sampai ke sini pengunjung harus melewati jalur 99 bends dengan bus, mendaki 999 anak tangga yang curam dan sempit. (lin/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Linda Elpariyani