MalangPost - Cara Merawat Kulit Dengan Bahan Alami

Senin, 10 Agustus 2020

  Mengikuti :

Cara Merawat Kulit Dengan Bahan Alami

Sabtu, 16 Nov 2019, Dibaca : 14367 Kali

Beauty Lovers, berikut tips perawatan wajah dengan bahan alami. Apa saja?
1. Lemon
Kandungan asam yang terdapat pada lemon mencerahkan kulit secara alami. Namun, hasilnya tidaklah instan. Selain itu, pemilik kulit sensitif dan kering tidak dianjurkan untuk melakukan perawatan ini untuk menghindari terjadinya iritasi kulit.
Untuk mendapatkan manfaat ini, aplikasikan lemon sebagai masker dengan cara mengambil perasan lemon dan mencampurkannya dengan air dengan perbandingan 1:2. Oleskan ke wajah dan diamkan sekitar 10-15 menit, baru kemudian dibilas. Setelah menggunakan masker ini, dianjurkan untuk menghindari paparan sinar matahari langsung selama 24 jam, karena kulit dapat menjadi sangat sensitif terhadap paparan sinar matahari.
2. Kunyit
Kandungan antioksidan dan antiradang yang terdapat pada kunyit mampu membuat kulit terlihat lebih berkilau, lebih kenyal, dan cerah. Untuk mencerahkan kulit, bisa menggunakan kunyit sebagai masker. Cara membuatnya, campurkan 1 sendok teh kunyit dengan 1 sendok teh madu, dan 1 sendok makan yogurt. Aduk hingga tercampur sempurna dan aplikasikan ke wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih.

Baca juga : Kulit Bernutrisi dengan Bahan Alami
Setelah melakukan perawatan ini, wajah terlihat sedikit menguning, terutama pada orang yang berkulit putih. Namun tak perlu khawatir, ini merupakan hal yang normal dan dapat hilang dengan mencuci wajah, atau menggunakan cairan toner. Seain itu, juga bisa mencoba membersihkan wajah dengan susu pembersih untuk menghilangkan warna kuning yang tersisa.
3. Putih Telur
Putih telur bisa dijadikan sebagai masker bahan alami untuk mencerahkan kulit. Cara membuat masker dengan putih telur cukup mudah. Cukup mengocok putih telur hingga mengembang dan oleskan secara merata ke kulit wajah. Tunggu sampai kering lalu bilas dengan air.
4. Alpukat
Tak hanya baik untuk kesehatan jantung, alpukat juga baik untuk kesehatan kulit.
Untuk mendapatkan manfaat alpukat sebagai masker pencerah kulit, campurkan 1 sendok teh madu dan 3 sendok teh yogurt ke dalam ¼ buah alpukat matang yang telah dihaluskan. Aduk hingga berata dan aplikasikan ke wajah yang telah dibersihkan selama 10-15 menit lalu bilas dengan air hangat.
5. Pepaya
Masker yang terbuat dari campuran pepaya dan nanas mampu mengangkat sel kulit mati penyebab kulit kusam, sehingga membuat kulit terlihat lebih cerah dan lebih bercahaya.
Untuk membuat masker pepaya dan nanas, campurkan 1 sendok teh jus nanas segar ke dalam ¼ cangkir pepaya mentah dan aduk hingga merata. Oleskan ke wajah dan leher, diamkan selama 15-20 menit, lalu bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini sekali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
6. Kopi
Kopi bermanfaat sebagai scrub untuk mengangkat sel kulit mata dan sisa make up yang mengganggu. Sedangkan madu bermanfaat untuk menutrisi kulit wajah. Campur bubuk kopi dan madu sampai membentuk semacam krim atau pasta. Usahakan tidak terlalu encer, karena nantinya akan sulit dioleskan pada bagian wajah. Oleskan masker kopi tersebut sedikit demi sedikit secara rata. Mulai dari wajah sampai dengan bagian leher. Agar bisa meresap secara optimal, diamkan masker tersebut sekiranya 30 menit atau sampai kering. Kemudian, bilas masker tersebut dengan air dingin sampai bersih.
8. Air Beras
Adapun perawatan kulit menggunakan air cucian beras caranya sangatlah mudah. Caranya adalah, cuci beras secukupnya sebelum dimasak. Untuk air cucian beras pertama, buang saja karena ini bisa saja mengandung bakteri atau kuman serta kotoran yang justru membuat kulit kusam dan rusak. Air cucian beras yang digunakan untuk perawatan kulit wajah adalah air cucian kedua, ketiga dan seterusnya.
Tempatkan bekas air cucian beras ke dalam sebuah wadah tertentu lalu diamkan kira-kira selama 1 sampai 2 jam hingga sari beras mengendap ke dasar wadah. Buang pelan-pelan air beras yang telah bening dan sisakan endapan yang ada di bawah wadah. Endapan inilah yang nantinya dijadikan bahan alami merawat wajah. Oleskan secara merata endapan air cucian beras ke wajah dan diamkan sampai kering kira-kira selama 15 menit. Jika masker tersebut sudah kering, bilas wajah dengan air hangat secara pelan-pelan dan hati-hati. Terakhir, tepuk-tepuk wajah dengan handuk bersih. Agar hasil perawatan ini makin maksimal, gunakan pelembab alami yakni minyak zaitun setelah melakukan perawatan ini.
Lakukan perawatan ini kira-kira 2 sampai 3 kali dalam seminggu dan dapatkan kulit wajah bersih, cerah serta makin halus. (tea/oci)

Editor : rosida
Penulis : amanda