MALANG POST - Danlanud dan Anggota Jalani Rapid Test

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


Danlanud dan Anggota Jalani Rapid Test

Rabu, 22 Apr 2020, Dibaca : 2055 Kali

MALANG – Jumlah kasus Covid-19 terus meningkat. Untuk menghentikan penyebarannya, Lanud Abd Saleh Pakis menggelar rapid test. Kegiatan yang dilakukan sejak Selasa (21/4) lalu, wajib diikuti seluruh pejabat dan anggota Lanud Abd Saleh. Bahkan Danlanud Abd Saleh Marsma Hesly Paat juga ikut menjalani rapid test.
“Puji Tuhan indikator pada alat rapid test saya negatif. Artinya tidak ada reaksi virus pada tubuh saya,” ucap Danlanud Abd Saleh Hesly Paat, disela-sela memantau kegiatan rapid test di gedung Cakrawala Lanud Abd Saleh.


Menurunya rapid test digelar selama tiga hari, sampai Kamis (23/4) hari ini. Total ada sekitar 1500 anggota Lanud Abd Saleh yang menjalani rapid test. “Kami mendapatkan dukungan peralatan langsung dari Panglima TNI untuk rapid test. Mengingat Lanud Abd Saleh kerap kali mendukung penerbangan dalam rangka penanganan Covid -19,” ujarnya.


Rapid test ini untuk memberikan rasa percaya diri kepada anggota, terkait kondisi tubuhnya. Kalau sebelumnya masih bertanya-tanya apakah terpapar atau tidak, sekarang sudah tidak lagi.
Selain itu melalui rapid test, dapat cepat diketahui sekaligus mengambil langkah penanganan kalau ada anggota yang positif.
“Sesuai arahan dari tim Nakes (tenaga kesehatan, red) kalau ada anggota yang positif, maka secara prosedur langsung menjalani karantina. Kalau kondisinya sakit langsung dibawa ke rumah sakit rujukan. Tapi jika kondisinya sehat tanpa gejala, langsung karantina rumah,” jelasnya.


Lanud Abd Saleh sendiri telah menyiapkan satu tempat untuk karantina. Tempat tersebut berkapasitas 50 orang. Sehingga ketika ada yang harus dikarantina, maka akan langsung dibawa ke tempat karantina.
“Rapid test ini tidak bisa menjadi patokan. Karena bisa jadi saat rapid test kondisinya sedang tidak fit jadi hasilnya positif. Makanya ketika ada yang positif, langsung diambil tindakan swab,” urainya.


Sementara meskipun pelaksannaan rapid test dilakukan secara bersama-sama, namun tetap mengedepankan physical distancing atau jaga jarak. Mereka tidak berdesakan, tetapi duduk antre berjajar sembari menunggu giliran. Termasuk juga wajib menggunakan masker.
“Kegiatan rapid test ini bekerjasama dengan RS dr M Munir. Pelaksanannya secara bertahap selama tiga hari. Pada hari pertama di Gedung Cakrawala, Skadron 32 dan Skadrom 4. Sedangkan hari kedua dan ketiga digelar satu tempat di Gedung Cakrawala,” jelas Kepala Penerangan Lanud Abd Saleh Letkol Sus Dodo Agus Priyo S.(ira/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Ira Ravika