Demo di Peru, Bukan Sujud di Italia

Minggu, 31 Mei 2020

  Mengikuti :


Demo di Peru, Bukan Sujud di Italia

Selasa, 07 Apr 2020, Dibaca : 4494 Kali

Sebuah video yang menunjukkan orang-orang sedang bersujud dan berdoa membuat geger warga net. Pasalnya video yang diunggah oleh akun Juned By pada 28 Maret 2020 tersebut menyertakan narasi bahwa peristiwa tersebut berlangsung di Italia karena virus Corona.


Tak berhenti sampai disitu, akun Facebook dengan nama Mey Rianti juga menggunggah sebuah foto dari cuplikan video Youtube Juned By yang disertai sebuah narasi berbunyi:
“ITALIA “BERSUJUD”DI ITALIA….
Mereka mulai “Bersujud”
Meski entah kepada Siapa ?
Mereka Menangisi Diri.
Mereka Mohon Ampun atas Dosa
Tapi entah kepada Siapa ?
Tapi setidaknya mereka Telah Mengakui :
Manusia Tidak Berdaya Sama Sekali”


Namun dilansir dari laman turnbackhoax.id, menyebut bahwa video dan foto tersebut tidaklah benar. Lantaran video tersebut merupakan aksi unjuk rasa yang terjadi di Plaza San Martin, Kota Lima, Peru untuk melawan orang-orang yang melakukan korupsi selama pemilihan mendatang.
Sedangkan pada video yang diunggah tersebut juga terdapat seorang pria yang berbicara dengan bahasa Spanyol. Dia mengatakan “saat ini kita berada di Plaza San Martin, bersama-sama dari berbagai kelompok Denominasi (Kelompok Keagamaan) yang berdoa untuk Peru”.


Unggahan video Youtube tersebut pernah tayang di laman Facebook Perú, Jesucristo es la única esperanza dengan judul “VIGILIA DE ORACIÓN POR EL PERÚ. Plaza San Martín – Lima”. Dalam video itu terdapat kumpulan massa yang sedang berdoa, seperti unggahan video di akun Youtube Juned By.


Dilansir dari altnews.in, unjuk rasa tersebut berlangsung pada tanggal 6 Desember 2019, sedangkan menurut kantor berita Reuters, kasus positif virus Corona pertama di Peru dilaporkan pada 6 Maret 2020. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa peristiwa itu tidak memiliki koneksi dengan virus Corona.
“Berdasarkan penjelasan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa video dengan narasi yang beredar bahwa Italia berdoa sujud masal bagaikan muslim karena virus COVID-19 adalah salah atau hoaks dan masuk ke kategori Konten yang Salah,” tulis laman turnbackhoax.id. (lin/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Linda Elpariyani