Demonstran Hongkong Bentrok

Rabu, 16 Oktober 2019

Minggu, 15 Sep 2019, dibaca : 213 , febri, dtk

Hong Kong - Demonstran antipemerintah di Hongkong kembali terlibat bentrok, namun kali ini dengan demonstran yang mendukung pemerintah China. Personel Kepolisian Hongkong yang bersenjatakan tongkat pun dikerahkan untuk menangani bentrokan di dalam pusat perbelanjaan di area Kowloon Bay.

Seperti dilansir Reuters, demonstran pro-China yang membawa bendera China meneriakkan slogan dukungan untuk polisi seperti 'Dukung polisi' dalam aksinya disebuah pusat perbelanjaan atau mal setempat.

"Hong Kong adalah China," teriak salah satu wanita ke arah pengunjung mal, yang dibalas dengan makian dan dorongan kasar.
Bentrokan ini pecah saat aktivis dan demonstran antipemerintah Hong Kong merencanakan aksi duduk bersama di dalam pusat-pusat perbelanjaan setempat pada Sabtu (14/9) waktu setempat. Sehari sebelumnya, para demonstran menggelar aksi damai dengan membentuk rantai manusia yang membawa banyak lentera di Quarry Bay Park pada Jumat (13/9) malam waktu setempat.

Bentrokan terbaru yang pecah di pusat perbelanjaan di area Kowloon Bay ini meluas ke jalanan di sekitarnya. Massa antipemerintah adu mulut dengan massa pro-China. Setiap konfrontasi terekam kamera media massa dan para pejalan kaki yang melintas. Beberapa orang ditahan dalam bentrokan ini.

Para demonstran antipemerintah mengeluhkan apa yang dipandang sebagai campur tangan China terhadap sistem hukum di Hong Kong. Dalam aksi, demonstran memilih untuk menyanyi bersama, yang sangat drastis dengan bentrokan sarat kekerasan dan diwarnai gas air mata, peluru karet serta meriam air beberapa pekan sebelumnya. (dtc/feb)



Loading...