MalangPost - Gelar Webinar Internasional, Unisma Tawarkan Empat Program Kampus Merdeka

Senin, 06 Juli 2020

  Mengikuti :


Gelar Webinar Internasional, Unisma Tawarkan Empat Program Kampus Merdeka

Selasa, 26 Mei 2020, Dibaca : 2400 Kali

MALANG - Universitas Islam Malang (Unisma) suskes menggelar webinar dengan aplikasi Zoom dan live di Facebook Oia Unisma Malang, Selasa (26/5). Webinar atau Seminar Internasional yang melibatkan para ahli dari beberapa kampus di Malaysia tersebut, diikuti lebih dari 2.500 peserta. Dalam hal ini, Unisma bersama sejumlah perguruan tinggi Malaysia mengusung tema Merdeka Belajar.


Rektor Unisma, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si dalam sambutannya melalui aplikasi Zoom menyampaikan bahwa webinar kali ini menjadi bagian dari implementasi MoU yang telah dilakasanakan Unisma beberapa waktu sebelumnya. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada beberapa pihak dari Perguruan Tinggi Malaysia yang responsif terhadap program kerja sama tersebut.
“Kami berharap kerja sama ini terus berlanjut dengan program-program yang lebih konkret,” katanya.


Maskuri menegaskan, kegiatan Internasional conference tersebut membahas beberapa hal penting sebagai muatan dari Kampus Merdeka atau Merdeka Belajar. Seperti peluang riset, pengabdian dan pemagangan dengan perguruan tinggi, khususnya di Malaysia. “Saat ini kita kembangkan ke Malaysia terlebih dahulu untuk memeperkuat jaringan kita di Asia. Terlebih lagi dengan degara yang satu rumpun dengan Indonesia, baru setelah itu kita luaskan jaringan ke benua yang lain,” ujarnya.


Dalam kesempatan tersebut, Maskuri menawarkan empat program sebagai muatan dari Kampus Merdeka.  Yakni program magang dan praktik kerja, penelitian atau joint riset,  pertukaran mahasiswa dan studi atau proyek independen. Penelitian atau joint riset dapat diwujudkan antara mahasiswa atau dosen Unisma dengan mahasiswa atau dosen Malaysia.
Sedangkan pertukaran mahasiswa ditujukan untuk mengembangkan kompetensi mereka. Baik dengan beasiswa atau short course. “Empat program ini yang kami tawarkan pada patner kami, termasuk perguruan tinggi di dalam negeri,” ungkapnya.   


Webinar seminar internasional yang menyedot ribuan peserta dari berbagai penjuru dunia tersebut diprakarsai oleh Kantor Urusan Internasional (KUI) Unisma. Maka dari itu, Prof. Maskuri pun mengapresiasi KUI yang telah menginisiasi hingga terselenggaranya kegiatan yang menghadirkan tujuh narasumber yang luar biasa.
“Tentu kita tahu momentum ini sangat luar biasa untuk mengembangkan kualitas pendidikan kita,” imbuhnya.


Kegiatan  yang dipandu oleh Moderator Dr. Imam Wahyudi Karimullah, MA, selaku Kepala Kantor Urusan Internasional UNISMA ini berlangsung mulai Pukul 10.00-12.00 WIB atau pukul 11.00-13.00 Waktu Malaysia.
Narasumber yang ikut mengambil bagian dalam Internasional Seminar ini antara lain Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI Malaysia. M. Farid Ma`ruf, Ph. D, Rektor UNISMA Malang Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si,  Associate Prof. Dr. Wahyu Mulyo Utomo dari Universiti Tun Hussein Onn Malaysia. Lalu Associate Prof. Dr. Zulkifli Osman dari Universiti Pendidikan Sultan Idris Malaysia, Associate Prof. Yohan Kurniawan, Ph.D dari University Malaysia Kelantan Malaysia, dan Associate Prof. Ir. Dr. Abd Kadir Bin Mahamad dari  Universiti Tun Hussein Onn Malaysia Assistant ditambah Ketua ADRI Jatim serta WR IV UNITOMO Surabaya Prof. Dr. Meithiana Indrasari, ST., M.M.


Atase Pendidikan dan Kebudayaan, KBRI Malaysia M. Farid Ma`ruf, Ph. D., yang bergabung dalam seminar tersebut turut mengapresiasi program Unisma yang melibatkan beberapa kampus di Malaysia.
“Saya sangat berbahagia dengan program Unisma ini, karena kita bisa shareing pengalaman. Kerjasama riset dan student exchange menjadi dua hal penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kompetensi dosen. Namun keduanya harus dipersiapkan dengan matang karena tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit,” ucapnya. (imm/adv/ley)

Editor : Stenly Rehardson
Penulis : Imam Wahyudi