MALANG POST - Hoax, Meletakkan Amoxicillin di Tandon Air Jadi Penangkal Corona

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


Hoax, Meletakkan Amoxicillin di Tandon Air Jadi Penangkal Corona

Kamis, 02 Apr 2020, Dibaca : 3960 Kali

Beredar sebuah pesan yang menyuarakan untuk meletakkan obat amoxicillin ke dalam tandon guna menangkal virus corona ramai di aplikasi pesan, WhatsApp baru-baru ini. Selain itu, pesan untuk menaruh dua butir obat amoxicillin ke tandon air, juga disebutkan hal tersebut sudah dilaksanakan di rumah kepresidenan dan dinas-dinas lain.
Pesen dari Habib Ja'far bin Muhammad Bin Hamid mengatakan, “taruh 2 biji obat amoxicillin ke dalam tandon air di rumah, jgn dilogika karena ini yg juga disampaikan kepada pak luhut binsar panjaitan dan sudah dilaksanakan di rumah kepresidenan dan dinas2 lain”.


Beberapa akun di media sosial Twitter pun mengingatkan agar jangan mempercayai informasi pesan yang tersebar luas tersebut. Salah satu akun yang menginformasikan bahwa informasi tersebut adalah hoaks atau tidak benar yakni @helmihelmi.
"Ini hoax ya teman-teman. Covid ini virus bukan bakteri. Amoxcillin ini obat antibakteri. Pemakai seperti ini bisa meningkatkan risiko resistensi bakteri terhadap antibiotik tersebut, sehingga kalau sakit tidak mempan lagi diobati ini. Dan juga membunuh flora normal." tulis @helmihelmi.


Sementara itu, hingga Kamis (2/4) sore, unggahan tersebut sudah di-retweet lebih dari 11.000 kali dan disukai lebih dari 10.000 kali.
Senada dengan pengunggah @helmihelmi, Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya (FKUB), Ns. Ahmad  Hasyim Wibisono, M.Kep, MNg juga menegaskan informasi tersebut menyesatkan alias hoaks. Selain itu, ia menyebut bahwa amoxicillin bukanlah obat untuk menyembuhkan atau membunuh virus.
“Itu hoaks. Masyarakat jangan percaya terhadap pesan yang belum jelas sumbernya, ” kata dr Ari saat dihubungi Malang Post, Kamis (2/4).  Dia menyebut, obat amoxicillin adalah antibiotik yang digunakan untuk membasmi bakteri yang ada di saluran pernapasan.


Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Hasyim itu sangat menyayangkan adanya informasi yang menyesatkan para pengguna smartphone sehingga menambah kepanikan dari masyarakat. Ia pun juga berharap kepada pihak yang berwajib agar juga mengusut kasus ini. "Amoxicillin sebenarnya udah resisten dan tidak banyak lagi digunakan," terangnya.


Selain itu, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona, Achmad Yurianto juga mengatakan hal yang sama. Dia mengungkapan bahwa amoxicillin bukan obat untuk virus corona. Selain itu, imbuh Yuri, seruan untuk memasukkan amoxicillin ke dalam tandon air adalah hal yang tidak berdasar. "Sangat jelas itu hoaks. Amoxicillin bukanlah obat virus corona," ujar Yuri singkat. (mp4/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Agiem Cristian