MALANG POST - Humoris untuk Bisnis

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


Humoris untuk Bisnis

Selasa, 07 Apr 2020, Dibaca : 1920 Kali

KOMUNIKASI menjadi kunci utama menjalin dan membangun hubungan. Utamanya dalam hubungan bisnis. Inilah yang menjadi prinsip Wilda Uliarosa Damayanti saat mulai merintis bisnisnya sejak duduk di bangku kuliah.
Pemilik bisnis online di bidang fashion dan kuliner ini mengatakan, teknik komunikasi yang baik menjadi kuncinya. “Karena kita melayani berbagai macam karakter konsumen yang berbeda-beda. Jangan sampai konsumen merasa diremehkan, intinya itu,”  tegas Wilda, sapaan akrabnya.
Alumnus Jurusan Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) ini menerangkan,  konsumen memang harus menjadi perhatian utama. Salah satunya dengan menunjukkan integritas.
Menjalankan bisnis lanjutnya, harus dilakoni dengan komunikasi yang ideal. Tujuannya untuk menunjukan komitmen dan membangun kepercayaan customer. “Jangan lupa juga menjadi humoris,” tambah perempuan yang juga berbisnis Make Up Artist (MUA) ini.
Ia menjelaskan sisi humoris ternyata juga menjadi triknya menguatkan hubungan dengan klien atau customer. Guyon atau sekadar sapa dengan kata-kata lucu ternyata efektif memberikan kepercayaan pada customer.
Perempuan kelahiran tahun 1993 ini menceritakan hal ini penting dilakukan apalagi dengan pelanggan yang pertama menjalin hubungan bisnis. “Pelanggan yang membeli pertama kali ke kita dan mendapatkan pelayanan yang cocok kemungkinan besar akan selalu menjadi pelanggan kita terus,” paparnya.
Ia mengaku memiliki passion bisnis sejak masih di bangku kuliah. Dulu Wilda memang selalu tertarik dengan desain-desain baju. Dia melihat dunia fashion dan kuliner tidak akan mati karena terus berkembang dari zaman ke zaman.
Kemudian ia pun mempelajari bisnis secara online. Pasalnya saat ini cara itu kian diminati pelanggan karena praktis. “Karena bisnis online waktunya fleksibel dan bisa dikerjakan kapanpun dimanapun tanpa terikat jam dan waktu bisa mengecek penjualan, melakukan transaksi, serta menjawab pertanyaan dari konsumen kapanpun tanpa bertatap muka secara langsung,” pungkasnya. (ica/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Francisca Angelina