IKA UM Siap Kembangkan Basis Informasi Akurat

Minggu, 20 Oktober 2019

Minggu, 15 Sep 2019, dibaca : 585 , udi, imam

MALANG - Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) telah memiliki pengurus baru. Prof. Dr. H. Suparno, selaku mantan Rektor UM dipercaya memegang komando Ketua Umum IKA UM, masa kepengurusan tahun 2019.
Suparno terpilih dengan dukungan penuh dari para alumni, civitas UM dan jajaran pengurus alumni sebelumnya. Pengurus baru IKA UM dilaksanakan pada Sabtu (14/9) lalu. Di hadapan ratusan alumni yang hadir dalam acara Reuni Akbar Alumni UM, Minggu (15/9) kemarin, Suparno menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk menjabat sebagai Ketua Umum IKA UM selama lima tahun ke depan.
Ia menegaskan, peran alumni sangat sentral dalam mewadahi dan mengakomodasi para lulusan. Oleh karena itu, dalam kepengurusannya ia akan memperkuat basis informasi yang akurat baik di pusat maupun tingkat wilayah. "Semua kekuatan akan kita memberdayakan. Karena lazimnya alumni harus punya peran dalam rangka pengabdian untuk lembaga, salah satunya menempatkan lulusan agar mendapat kepercayaan di dunia kerja," ucapnya kepada Malang Post.
Keberadaan basis informasi akan menjadi sarana yang dapat menjelaskan keberadaan, profesi dan kapasitas alumni. Basis informasi tersebut selama ini memang sudah ada, namun kata Suparno, perlu direvitalisasi. "Karena banyak alumni UM yang mempunyai power di bidang masing-masing untuk memikirkan adik adik kelasnya. Agar keberadaan mereka menjadi lebih bermakna," tuturnya.
Ia memaparkan, ada empat simpul yang menjadi pola pikir pendidikan modern. Yaitu input, proses, output dan outcome. Maka keberadaan IKA UM sebagai upaya mengisi simpul yang terakhir . Outcome itu medan pengamalan ilmu, pengamalan kapasitas hasil belajar di berbagai lini kehidupan," tandasnya.
Adapun para Pengurus Pusat IKA UM 2019 - 2023 yang terbentuk, yakni Ketua Umum Prof. Dr. H. Suparno, Ketua 1 Prof. Dr. Mohammad Ainin, M.Pd., Ketua 2 Bambang Mudjiono,  Ketua 3 Sutrisno., Sekjen Fatmawati dan Bendahara Junaidi. Sebagai Penasehat, Hamid Muhammad yang saat ini menjabat sebagai Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Wakil Rektor III UM, Dr. Mu'arifin, M.Pd. mengucapkan selamat atas terbentuknya pengurus baru IKA UM. Ia berharap pengurus yang baru dilantik tersebut, mampu menjadi wadah alumni yang bermartabat. Serta menjadi pengurus yang profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya. "Kami berharap IKA UM memberikan kontribusi yang signifikan kepada kampus. Demikian juga sebaliknya sehingga terwujud sinergitas yang baik antara UM dan para alumninya," ucap Mu'arifin.
Ia mengatakan di kepengurusan sebelumnya telah berhasil membuat web yang bisa dikembangkan oleh pengurus yang baru. Menurutnya, web tersebut sangat bermanfaat untuk kinerja pengurus sehingga dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Khusus dalam menjaring informasi para alumni.
"Maka ke depan kami berharap tidak ada alumni UM yang menganggur karena di pengurus yang baru ini berdiri sosok-sosok profesional. Dan tidak ada lagi alumni yang tersesat, karena akses alumni UM meluas di berbagai daerah," tukasnya. (imm/udi)

Pengurus Pusat IKA UM 2019 - 2023
Penasehat    : Hamid Muhammad
Ketua Umum     : Prof. Dr. H. Suparno
Ketua 1     : Prof. Dr. Mohammad Ainin, M.Pd.
Ketua 2     : Bambang Mudjiono
Ketua 3     : Sutrisno
Sekjen         : Fatmawati
Bendahara     : Junaidi



Kamis, 17 Okt 2019

Ulas Tuntas Sejarah Keramik

Loading...