Kadin Siapkan Program UMKM Go Internasional

Rabu, 27 Mei 2020

  Mengikuti :


Kadin Siapkan Program UMKM Go Internasional

Rabu, 15 Jan 2020, Dibaca : 4245 Kali

MALANG - Pemkot Malang tengah menyusun konsep penguatan UMKM Kota Malang, khususnya agar produknya terpasarkan secara luas. Salah satunya dengan menggandeng Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Kota Malang.
Kadin yang notabene kumpulan pengusaha dapat dijadikan media penghubung antara UMKM dengan pemasaran diluar dan juga dengan pemerintah. Wakabid UMKM KADIN Kota Malang Rahmat Sani menyampaikan, pihaknya telah menyusun beberapa program, termasuk program mendorong UMKM Kota Malang  Go internasional. Program itu melalui Meet Government, Meet The Produsen, Meet The Campus, Meet The Investor, Meet The Bank, Meet The BUMN dan Go Internasional.
"Kami sebagai mitra strategis Pemkot Malang akan berperan dalam peningkatan dan perkembangan dalam rangka membantu masyarakat terutama UMKM," ujar Rahmat Sani.
Tak hanya itu, dia juga menjelaskan, kebutuhan seputar UMKM tidak cukup hanya dari sisi kualitas dan pemasaran saja, tetapi dari sisi pendanaan yang adil yang menuju pada pemberdayaan ekonomi secara berkelanjutan.
Caranya dengan mengoptimalkan keberadaan lembaga-lembaga keuangan yang ada di Kota Malang khususnya koperasi. Kota Malang siap berdiskusi guna mewujudkan UMKM yang maju, seperti optimalisasi keberadaan BPR Tugu Artha milik Pemerintah Kota Malang. Selain itu, KADIN juga akan menjembatani UMKM dalam hal perizinan dan sertifikasi halal.
Pihaknya juga akan mencarikan investor terkait dengan permodalannya dan juga membantu dalam urusan managemennya.
"Yang jelas kami akan lakukam pendampingan dan analisa study kelayakan untuk akses modal perbankan syariah. Kemudian juga membantu menjembatani akses CSR, dana hibah dari berbagai BUMN," ucapnya. (ica/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Francisca Angelina