MalangPost - Kampung Tangguh Bangkitkan Semangat Gotong Royong

Senin, 06 Juli 2020

  Mengikuti :


Kampung Tangguh Bangkitkan Semangat Gotong Royong

Jumat, 29 Mei 2020, Dibaca : 1035 Kali

MALANG – Keberadaan Kampung Tangguh di Kota Malang terus bermunculan. Jumat (29/5) , Dandim 0833 Kota Malang Letkol Inf Tommy Anderson meresmikan Kampung Tangguh RW 01 Kelurahan Tlogomas, Lowokwaru, Kota Malang. Dandim juga menyerahkan bantuan untuk Lumbung Pangan yang ada di Kampung Tangguh RW 01 Tlogomas.


Hadir dalam acara itu, Camat Lowokwaru Imam Badar, mantan Wali Kota Malang H. Moch Anton yang juga mantan ketua RW 01 Kelurahan Tlogomas, Ketua RW 01 Tlogomas Abdul Aziz dan lainnya. Dandim 0833menjelaskan, konsep Kampung Tangguh yang digodok UB bukan barang baru. Kampung Tangguh mengembalikan lagi konsep gotong rotong yang sejak dulu menjadi budaya Indonesia.
“Di Malang sangat luar biasa dengan semangat salam satu jiwanya. Ini menjadi kebersamaan yang luar biasa untuk bersama-sama gotong royong menghadapi situsi pandemi Covid-19 ini,” kata Letkol Inf Tommy Anderson.
Dijelaskannya, konsep Kampung Tangguh bagaimana bisa saling peduli antara satu dengan lainnya, dengan memberikan penekanan pada bidang pangan, keamanan, kesehatan sampai dengan ketahanan informasi.
“Konsep ini jangan hanya saat pandemi Covid-19 ini saja, tapi juga akan terus berlanjut untuk membangun semangat gotong royong di tengah masyarakat,” ungkapnya.


Ditambahkannya, meski masa PSBB akan segera berakhir dan masuk ke masa transisi hingga ke new normal, Dandim mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir. Bahkan, saat ini jumlah positif Covid-19 semakin bertambah. “Kita harus tetap saling mengingatkan untuk menjaga kesehatan dan displin pada protokol kesehatan,” tambahnya.


Mantan Wali Kota Malang H. Moch Anton berharap keberadaan Kampung Tangguh dapat disosialisasikan secara masif kepada warga. Harapannya, Kampung Tangguh bisa menjadi solusi bersama dalam menghadapi situasi pandemi saat ini. Apalagi, banyak warga yang mengeluh karena bantuan sosial yang tidak merata.
“Dengan Kampung Tangguh ini bagaimana mengkolaborasikan semuanya. Semangat gotong royong bersama menghadapi setiap persoalan yang terjadi di tengah masyarakat saat pandemi Covid-19 ini. Dan Kampung Tangguh harus terus disosialisasikan kepada warga,” harapnya.


Ketua RW 01 Kelurahan Tlogomas Abdul Aziz menjelaskan, Kampung Tangguh di wilayahnya sudah memiliki Lumbung Pangan yang siap menjaga ketahanan pangan warga di wilayahnya. Semua RT dilibatkan dalam Kampung Tangguh.
“Untuk Tangguh Keamanan, kami sudah melakukan piket jaga malam. Sampai saya juga kena piket malam. Jika tidak, maka akan dikenakan sanksi berupa denda Rp 25 ribu,” ujarnya sambil tersenyum. (aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Redaksi