MalangPost - Kampung Tangguh Putus Penyebaran Covid-19

Senin, 13 Juli 2020

  Mengikuti :

Kampung Tangguh Putus Penyebaran Covid-19

Jumat, 29 Mei 2020, Dibaca : 1137 Kali

MALANG – Keberadaan Kampung Tangguh di Kota Malang mendapat perhatian banyak pihak. Hampir semua wilayah di Jawa Timur mengadopsi konsep Kampung Tangguh yang diinisiasi bersama TNI-Polri dan UB, serta Malang Bersatu Lawan Corona (MBLC). Jumat (29/5),  Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri mendatangi Kampung Tangguh Glintung Water Street.


 Mereka meninjau suasana kampung yang terletak di Kecamatan Blimbing, Kota Malang, mulai dari keberadaan lumbung pangan, lokasi yang hijau hingga melihat simulasi pemulasaran jenazah Covid-19. Kepala Pemeriksa Utama Divisi Propam Mabes Polri, Kombes Pol Raden Romdhoni Natakusuma mengapresiasi kehadiran Kampung Tangguh yang ada di Kota Malang.
"Kami apresiasi Polresta Malang Kota bersama TNI, pemerintah setempat, akademisi, dan masyarakat kompak gotong royong membentuk Kampung Tangguh. Kami beri apresiasi sepenuhnya," terang dia kepada Malang Post.


Mantan Kapolres Cilegon itu menilai, program Kampung Tangguh dinilai efektif untuk meminimalisir penyebaran covid-19. Sekaligus, salah satu indikator keberhasilan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah hukum Kota Malang.
"Kami berharap kehadiran Kampung Tangguh ini dapat terus bertambah di wilayah Kota Malang," imbuh dia.


Ditambahkannya,  program Kampung Tangguh di wilayah Malang Raya ini bisa menjadi contoh atau pilot project bagi kampung lainnya di Indonesia dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.
"Tidak hanya di wilayah Kota Malang serta Jawa Timur saja, melainkan bila perlu contoh untuk seluruh Indonesia," tandas dia.(tea/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Amanda Egatya