MALANG POST - Karang Taruna Gali Potensi Diri

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


Karang Taruna Gali Potensi Diri

Senin, 23 Mar 2020, Dibaca : 1329 Kali

PENGALAMAN berorganisasi sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan dalam mengikuti berbagai kompetisi seperti ajang kecantikan Miss Global Kota Batu juga dibutuhkan. Itulah yang dirasakan Alvina Surya.
"Terpilih sebagai Miss Global Batu 2019 bukanlah hal mudah. Tak hanya cantik, tapi seorang harus memiliki wawasan yang luas dan mampu menggali potensi diri," kata Alvina Surya kepada Malang Post.


Perempuan kelahiran Batu, 23 Januari 2000 ini menceritakan, apa yang diraihnya karena aktif  dalam organisasi. Seperti Karang Taruna (kartar) Desa Tlekung, Kecamatan Junrejo, Kota Batu.
Melalui kartar tingkat desa, Alvi, sapaan akrab Alvina Surya belajar banyak hal. Mulai dari manajemen waktu, administrasi, hingga public speaking. Dari kartar ia mampu menggali bakatnya yang terpendam.
"Jadi kartar mampu menggali potensi diri yang kemudian aku praktikkan dalam kompetisi dan ajang-ajang yang aku ikuti. Selain dari kartar, aku juga mendapat cerita dan pengalaman menarik lainnya dan teman baru," beber Alvi.


Perempuan yang pernah masuk 10 besar dan mendapatkan gelar sebagai Putri Kartini Sosial Malang Post 2017 ini sangat suka tantangan. Sehingga membuatnya tertarik dengan hal baru, mulai tingkat desa hingga kota.
Apalagi saat ini, menurutnya generasi muda harus berani tampil di publik. Karena dengan tampil di publik menjadi awal bagi anak muda untuk mengembangkan dan mengeksplore potensi yang dimiliki.
Dari ikut organisasi tingkat desa dan berbagai kompetisi, lanjut dia, generasi muda akan mampu bersaing di tengah-tengah iklim kompetisi yang semakin ketat. Apalagi saat ini persaingan tak hanya terjadi di dalam negeri. Tapi juga dengan berbagai negara.
"Dari kartar juga aku termotivasi agar bisa menginspirasi generasi muda untuk berani mengeksplore diri dan mengejar prestasi. Tujuannya agar generasi muda sebagai penerus pemimpin bangsa yang membanggakan," imbuhnya.


Kini dengan kesibukan kuliah, Alvi tetap menyempatkan diri untuk berbagai kegiatan di kartar. Begitu juga dengan ekplore kunjungan wisata ke tempat-tempat wisata setiap weekend dihentikan sementara akibat pencegahan Covid-19. (eri/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Kerisdiyanto