Khazanah Buku-Buku Pembelajaran Bahasa Arab

Minggu, 31 Mei 2020

  Mengikuti :


Khazanah Buku-Buku Pembelajaran Bahasa Arab

Sabtu, 14 Mar 2020, Dibaca : 5121 Kali

SEJAK abad pertengahan bahasa Arab menjadi bahasa universal yang akhirnya menjadikannya salah satu dari beberapa bahasa terbesar di dunia seperti Bahasa Yunani, Bahasa Latin, Bahasa Inggris, Bahasa Prancis, Bahasa Spanyol dan Bahasa Rusia. Dan saat ini Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang dipergunakan untuk menulis dokumen-dokumen Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Di sisi lain, Bahasa Arab adalah juga Bahasa Al-Qur’an. Hal inilah yang menjadikan Bahasa Arab menjadi bahasa yang sangat berkaitan dengan Islam, sebab ia adalah Bahasa Agama bagi kaum muslim di dunia, baik bagi mereka yang mempergunakan Bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari maupun tidak.

Bahkan, Bahasa Arab adalah salah satu bahasa asing yang paling banyak diajarkan di sekolah-sekolah di Indonesia, baik di kota maupun di pelosok-pelosok desa. Bahasa Arab umumnya diajarkan di madrasah-madrasah dan pondok-pondok pesantren yang tersebar di seluruh wilayah tanah air, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga level perguruan tinggi.

Kendati pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia berkembang pesat, bukan berarti tidak ada persoalan. Tampak di sana sini masih terdapat problematika dalam proses pembelajaran Bahasa Arab. Di antara problematika itu bersumber dari kurangnya ketersediaan buku-buku referensi terkait kebahasaaraban yang sesuai dengan kebutuhan pembelajar. Akibatnya, diakui atau tidak, pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia belum mencapai target dan tujuan sebagaimana yang diharapkan.

Problem tersebut salah satunya dapat diatasi dengan literasi pembelajaran Bahasa Arab. Literasi adalah keberaksaraan, yaitu membaca dan menulis yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan minat belajar peserta didik. Demi mencapai suksesnya upaya partisipatif tersebut, dibutuhkan buku-buku rujukan kebahasaaraban yang menyenangkan, sederhana, dan mudah dicerna.

Nah, kini buku-buku literatur tentang Bahasa Arab di Indonesia mulai menggeliat. Ini ditandai dengan semakin marak diterbitkannya buku-buku bacaan dan referensi Bahasa Arab dengan beragam aspek dan segmentasi. Di tengah derasnya arus globalisasi informasi, buku-buku tentang Bahasa Arab selain diperjualbelikan secara konvensional di toko-toko buku, juga bisa dengan mudah didapatkan melalui media online, seperti blog, facebook, twitter, dan Instagram.

Dalam konteks ini diperlukan adanya penelaahan secara intensif terhadap buku-buku literatur Bahasa Arab tersebut hingga dapat memberikan kontribusi yang maksimal terhadap peningkatan kualitas perkembangan pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia. Literasi 100 Buku Bahasa Arab Kontemporer ini buku pertama terbit di Indonesia yang memuat anotasi buku-buku referensi Bahasa Arab. Seratus buku terpilih diulas secara ringkas tapi padat.

Beragam tema buku ini meliputi beragam tema meliputi metodologi pembelajaran Bahasa Arab, sistem pembelajaran Bahasa Arab, media pembelajaran Bahasa Arab, strategi pembelajaran Bahasa Arab, permainan Bahasa Arab, kurikulum Bahasa Arab, penulisan buku teks Bahasa Arab dan beragam aspek lain tentang Bahasa Arab.

Anotasi buku disusun sesuai tema dan urutan tahun dan tidak dimaksudkan membuat pemeringkatan kualitas buku, melainkan untuk memudahkan pembaca dalam menggali dan mengakses berbagai referensi yang dibutuhkan. Seratus daftar buku yang dirilis merupakan koleksi penulis sendiri dalam periodesasi tahun 2005 sampai buku ini diterbitkan.

Literatur dan referensi tersebut ditulis oleh sejumlah penulis dan pakar Bahasa Arab, baik dengan menggunakan Bahasa Indonesia atau hasil terjemah dari Bahasa Arab, baik buku populer, buku ajar atau buku hasil penelitian ilmiah. Teoretis maupun praktis. Dalam buku ini, penulis mencoba memberi uraian singkat setiap buku yang dirilis. Selain menyertakan daftar ini masing-masing buku, juga memberi catatan tentang kekhasannya sekaligus rekomendasi untuk siapa buku itu ditujukan.

Hanya saja, sebagaimana yang diakui oleh penulisnya sendiri, uraian pada setiap buku yang dirilis serasa terlalu singkat sehingga masih jauh dari kata tuntas dan sempurna. Maka, naskah dalam kumpulan referensi ini terbuka untuk dikritisi dan didiskusikan lebih lanjut. Ke depan, penulis dapat menyertakan daftar referensi buku-buku kebahasaraban yang berbahasa Arab (selain karya terjemahan) sehingga pengajar dan pembelajar dapat bersentuhan langsung dengan referensi berbahasa Arab.    

Terlepas dari segala kekurangan, buku ini seperti pemandu bagi siapa pun; guru, dosen, dan pembelajar Bahasa Arab yang memerlukan rujukan referensi buku-buku dan kebahasaaraban yang relevan dengan kebutuhan, baik untuk keperluan memerkaya literatur akademik maupun bacaan inspiratif di kala waktu senggang.(*)

 

Judul         : Literasi 100 Buku Bahasa Arab Kontemporer di Indonesia

Penulis      : Taufikurrahman

Penerbit    : Deepublish, Yogyakarta

Edisi          : I, Januari 2020

Tebal        : 292 halaman

ISBN         : 978-623-02-0471-5

Peresensi  : Ahmad Fatoni

                    Kaprodi Pendidikan Bahasa Arab FAI-UMM

Editor : Redaksi
Penulis : Ahmad Fatoni