MalangPost - Kluster Positif Lumajang, Mudik ke Dampit

Senin, 13 Juli 2020

  Mengikuti :

Kluster Positif Lumajang, Mudik ke Dampit

Selasa, 26 Mei 2020, Dibaca : 37023 Kali

MALANG – Desa Majangtengah Kecamatan Dampit bakal menjadi zona kritis penyebaran Covid-19. Pasalnya Minggu (24/5) ada warga Lumajang terjangkit Covid-19 yang mendatangi keluarganya di desa tersebut. Hasil tracing sementara ada sekitar 29 warga Majangtengah yang interaksi dengan pasien positif tersebut.


Dari informasi yang dihimpun, satu keluarga asal Lumajang yang datang ke Desa Majangtengah, Kecamatan Dampit adalah berinisial BD, 30, pengusaha asal Pasirian Lumajang, DR, 24, istrinya serta NA, 3, anak mereka.
Tujuan mereka untuk bersilaturahmi Hari Raya Idul Fitri. Namun setelah tiba di Desa Majangtengah, BD menerima kabar dari petugas medis Puskesmas Pasirian bahwa hasil swab anaknya, NA, telah keluar. NA dinyatakan positif Covid-19. Sehingga pihak Puskesmas Pasirian menawarkan untuk menjemput tiga orang ini atau pulang sendiri.


Namun keluarga ini akhirnya memilih pulang ke Lumajang dengan kendaraan pribadi. Dari keterangan yang dihimpun pula, NA sejatinya sudah menjalani opname di Puskesmas Pasirian selama 5 hari karena demam tinggi. Sehingga pihak Puskesmas Pasirian menyarankan BD melakukan isolasi mandiri di rumah.
Tetapi bukannya isolasi mandiri, mereka malah datang ke Dampit sebelum menerima kabar bahwa NA sudah positif Covid-19. Saat berada di Desa Majangtengah, mereka telah melakukan kontak dengan setidaknya 29 orang. Petugas Satgas Covid-19 Kabupaten Malang yang menerima laporan ini, langsung berkoordinasi dengan Puskesmas setempat serta Muspika Dampit.


Rapat darurat diselenggarakan Selasa (26/5). Hasilnya, ada tiga langkah darurat yang dilakukan begitu pihak Satgas Covid-19 Kabupaten Malang mengetahui hal ini. Pertama, seluruh kawasan yang telah kontak dengan pasien positif langsung disemprot desinfektan. Setelah itu 29 orang tersebut di-tracing.
Mereka diminta melakukan karantina mandiri di rumah dan dilarang keluar dari rumah selama 14 hari untuk menunggu perkembangan kondisi kesehatan mereka. Camat Dampit, Eko Wahyu Widodo dikonfirmasi Malang Post membenarkan bahwa Satgas Covid-19 Kabupaten Malang sudah bergerak di kawasan Desa Majangtengah Dampit.
“Petugas langsung melakukan tracing,” ujar Eko. Tak hanya itu, pihak Satgas Covid-19 Kabupaten Malang direncanakan menggelar rapid test untuk mereka yang melakukan kontak dengan pasien positif Covid-19 pada Kamis besok (28/5).(fin/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Fino Yudistira