Latih Siswa Berpikir Kritis

Minggu, 20 Oktober 2019

Selasa, 10 Sep 2019, dibaca : 405 , rosida, imam

KEPALA SD Insan Amanah, Suhardini Nurhayati, M. Pd., merasa bangga bisa menjadi ispirasi di bidang teknologi kepada sekolah-sekolah Sumatera Utara. Bahkan juga untuk sekolah-sekolah di seluruh Tanah Air yang hadir dalam acara Indonesia Climate Change Forum And Expo 2019, di Medan beberapa waktu yang lalu. Dini menjelaskan ada beberapa alasan yang menjadi motivasi besar SD Insan Amanah untuk mengembangkan inovasi teknologi yang terintegrasi dengan proses pembelajaran.
Antara lain, masuknya era industri 4.0 dengan segala kondisinya yang serba digital, menuntut guru sebagai tenaga pendidik untuk berpikir kreatif dan inovatif. Berdasar itulah maka metode belajar berbasis digital kini mulai digalakkan oleh SD Insan Amanah.
Bahkan mulai tahun ini, sekolah yang berada di Jalan Soekarno-Hatta Komplek Griyashanta Blok M tersebut telah membuka program ekstrakurikuler baru yang dinamakan Inovasi Teknologi. Dan bisa dibilang, merupakan sekolah dasar satu-satunya yang memiliki program pengembangan siswa di bidang inotek.
“Kreatifitas dalam membuat karya teknologi tepat guna harus kita biasakan mulai sejak kecil, meskipun dimulai dari produk yang sederhana,” katanya.
Menurut Dini, pembelajaran inovasi teknologi berpengaruh pada perkembangan otak kanan dan otak kiri siswa. Sebab tidak hanya berpikir matematis dan empiris, tetapi juga membutuhkan kreatifitas yang bernilai seni. “Apalagi anak-anak saat ini cenderung menyukai hal-hal yang bersifat informasi teknologi, maka perlu kita fasilitasi agar mereka terbiasa berpikir kritis dan suka berkompetisi,” tukasnya. (imm/sir/oci)



Jumat, 18 Okt 2019

Sebanyak 23 PT di Jatim Merger

Loading...