NasDem - Gerindra Jadi Poros Tengah

Kamis, 28 Mei 2020

  Mengikuti :


NasDem - Gerindra Jadi Poros Tengah

Minggu, 09 Feb 2020, Dibaca : 1257 Kali

MALANG - Pilkada 2020 di Kabupaten Malang bakal seru. Ketika Partai NasDem dan Gerindra benar berkoalisi maju mengusung calon sendiri. Karena selain PKB dan PDI Perjuangan, Partai Golkar juga memastikan akan maju.
Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Malang, Chusni Mubarok, ketika dikonfirmasi terkait koalisi dengan NasDem, tidak mengelak ataupun membenarkan. Namun dikatakannya bahwa komunikasi internal antar partai sudah sering dilakukan.
"Bisa jadi (koalisi dengan NasDem, red). Artinya dengan NasDem kami komunikasi, begitu juga dengan PDI Perjuangan serta PKB. Karena kami mencari formula terbaik berpasangan koalisi dengan siapa, untuk memunculkan luaran yang terbaik," ungkap Chusni Mubarok.

   Baca juga :

Masdem Tampung 7 Calon Kepala Daerah

Moch Geng Wahyudi Siap Maju Pilkada

Ada Delapan Pendaftar, Tak Termasuk Dewa


Ketika NasDem dan Gerindra benar berkoalisi, kemungkinan akan memiliki kekuatan besar. Karena kedua Parpol ini sama-sama mendapat 7 kursi di DPRD Kabupaten Malang. Sementara PDI Perjuangan dan PKB, sama-sama memiliki 12 kursi. Syarat untuk mengusung calon sendiri dalam Pilkada 2020 adalah harus memiliki 10 kursi.
"Kalau peluang sebenarnya sama-sama memiliki peluang besar. PDI Perjuangan juga pastinya menghitung, tidak serta merta jalan sendiri, pasti ada hitungannya. Begitu juga dengan PKB yang secara umum memiliki kekuatan besar, sehingga semakin yakin untuk menang," terangnya.
Chusni menambahkan, bahwa Gerindra dan Nasdem selama ini terus berkomunikasi. Bahkan beberapa waktu lalu, diakuinya telah melakukan penjajakan dan pembahasan terkait Pilkada 2020.
"Kalau memang Gerindra dan NasDem berkoalisi, maka nantinya bisa memungkinkan menjadi poros tengah di Pilkada 2020," ujarnya.
Disinggung soal calon apakah N1 atau N2 yang diusulkan Gerindra, Chusni mengatakan masih menggodok dengan NasDem. Tetapi Gerindra diakui sudah siap untuk calon N1. Termasuk juga calon N2, secara realistis sudah siap.
"Intinya kita maju untuk menang. Tentunya harus melihat banyak aspek, tidak bisa seenaknya sendiri menentukan kehendak. Harus berkomunikasi untuk formulasi terbaik, karena tidak hanya untuk Gerindra dan NasDem, tetapi untuk Kabupaten Malang. Pertanggungjawaban terhadap calon yang diusung adalah hal penting untuk proses Pilkada," bebernya.
Ditambahkannya, bahwa Gerindra sudah ada calon yang disiapkan. Salah satunya adalah dirinya sendiri. "Saya ini kader partai, ketika ditugaskan partai tidak ada kata lain selain siap," pungkasnya.(agp/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Agung Priyo