MALANG POST - Nekat Buka, Hotel Trisno Putra Digerebek, Pasangan Bukan Suami Istri Digiring ke Mapolres

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


Nekat Buka, Hotel Trisno Putra Digerebek, Pasangan Bukan Suami Istri Digiring ke Mapolres

Kamis, 23 Apr 2020, Dibaca : 13980 Kali

BATU – Hotel Putra di Jalan Trunojoyo Kelurahan Songgokerto Kota Batu digerebek tim gabungan, Rabu (22/4) sore. Penggerebekan tersebut karena hotel tersebut tidak melaksanakan perpanjangan penutupan operasional hotel, wisata dan tempat usaha lain sesuai Surat Edaran Wali Kota. Dari penggerebekan tersebut, petugas juga mengamankan sepasang orang yang diduga sedang berbuat mesum dalam kamar.  

 

Seperti diketahui, Wali Kota Batu kembali mengeluarkan Surat Edaran untuk perpanjangan penutupan hotel dan usaha lain. Semula, penutupan berakhir pada 21 April dan hotel harus tutup kembali hingga 30 April. Perpanjangan itu karena kondisi pandemi Covid-19 masih berlanjut.

Pasangan bukan suami istri yang diamankan tersebut berinisial DP, 40 tahun, warga Desa Sidowareg, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang dan perempuan  S 37 tahun asal Desa Banyuarang, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Satu perempuan asal Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang ditinggalkan kekasihnya ketika petugas datang.

 

Pelaksana Tugas (Plt) Kasatpol PP Kota Batu, M Adhim mengatakan, pengelola hotel bukan melanggar perda.  Tapi pengelola melanggar maklumat Kapolri sehingga diproses lebih lanjut oleh Polres Batu. Apalagi, Wali Kota Batu juga sudah mengeluarkan SE tentang perpanjangan penutupan operasional hotel

"Kami masih mengedepankan sikap humanis untuk penertibaan. Kami tetap menginginkan operasional hotel ditutup hingga ada imbauan buka kembali. Ini demi memenuhi protokol kesehatan. Kami kemudian melakukan tindakan tegas sesuai aturan yang berlaku," beber Adhim.

 

Kabid Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat Satpol PP Kota Batu, Santoso Wardoyo, menjelaskan, penggerebekan bermula dari informasi masyarakat. Begitu mendapatkan informasi itu, petugas langsung mendatangi lokasi dan memastikan penutupan hotel di tengah pandemi Covid-19

‘’Ternyata masih ada hotel yang buka dan menerima tamu.  Untuk mencegah insiden dan salah faham warga dengan pemilik, kami langsung datang supaya tidak timbul hal yang tak diinginkan saat kondisi siaga Covid-19. Hal itu  isa membuat geram masyarakat, karena mereka komitmen menutup usaha villanya demi cegah sebaran virus. Hotel ini malah buka dan menerima tamu," kata Santoso.

 

Sepasang laki-laki dan perempuan yang diamankan langsung dibawa ke Mapolres Batu untuk dimintai keterangan lebih lanjut. Nampak mereka tertunduk lesu ketika dinaikan ke mobil polisi. Sang wanita nampak menangis meratapi nasibnya digiring ke Mapolres.

"Ketika kita tanya, pihak hotel beralasan jika tidak mengetahui adanya perpanjangan penghentian operasional tempat usaha, wisata dan hiburan hingga 30 April 2020. Sebelumnya, penutupan hingga 21 April," ucap Santoso.

 

Sementara itu pemilik hotel enggan diwawancari mengenai kejadian itu. Malahan dia juga langsung menutup pintu ketika mengetahui wartawan datang. Sementara itu salah satu pegawai Hotel Trisno Putra, M. Sueb mengaku jika sudah mengingatkan pemiliknya. Tetapi tetap saja hotel diminta untuk buka. "Kemarin sore sudah saya peringatkan jika ada perpanjangan penutupan penginapan sampai 30 April 2020," pungkasnya (mg2/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Asra Bulla