NU Punya Banyak Figur Terbaik

Kamis, 28 Mei 2020

  Mengikuti :


NU Punya Banyak Figur Terbaik

Minggu, 08 Mar 2020, Dibaca : 2415 Kali

CALON petahana Bupati Malang, H.M. Sanusi bukan satu-satunya kader NU. Ormas terbesar itu punya sederet figur terbaik. Bahkan mereka diklaim punya kapasitas yang melebihi Sanusi. Sejumlah kader terbaik itulah yang kini sedang dipetakan PKB untuk diajukan sebagai calon bupati.  


Kader NU potensial itu di antaranya dr Umar Usman, Ali Ahmad, Latifah Shohib, Hasan Abadi dan Saidullah Maksum. Nama-nama tersebut diungkapkan Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Dampit, Eko Cahyono.
Karena itulah menurut Eko, PKB sebagai partai yang dilahirkan NU tidak perlu kawatir mencari figur. “Kader NU tidak hanya Pak Sanusi. Masih banyak kader potensial lainnya,’’ katanya.

Baca juga :

Tak Peduli Kata Orang, Sanusi Optimis Menang di Atas 50 Persen

Ajukan Calon Seimbang


Ia memiliki alasan  menyebut tokoh-tokoh potensial tersebut. dr Umar Usman misalnya kata Eko, merupakan tokoh luar biasa. Selama ini menjabat Ketua PCNU Kabupaten Malang. “Ketua PCNU kan sudah jelas kapasitasnya. Beliau mampu menggerakkan roda organisasi. Bahkan melalui gerakkan beliau, NU  di Kabupaten Malang sangat solid sampai sekarang,” urainya.


Begitu juga dengan Ali Ahmad, menurut Eko, anggota DPR RI itu merupakan tokoh representatif NU sekaligus PKB. Ia telah teruji dengan jabatannya sebagai Ketua DPC PKB Kabupaten Malang. Ali punya kemampuan menggerakkan organisasi secara baik. Bahkan telah menunjukkan keberhasilannnya. Salah satu prestasi yang dimiliki Ali yakni PKB  berhasil mendapatkan 12 kursi di DPRD Kabupaten Malang.
“Ada kader-kader lainnya. Seperti Pak Hasan Abadi, tokoh akademisi, dan memiliki peran kuat  merangkul  milenial. Jadi tidak perlu diragukan kan,’’ ungkapnya.


Dia mengatakan, sekalipun Sanusi tidak lagi di PKB maka PKB pun dapat mencalonkan yang lain. Dan dukungan NU kepada PKB makin sangat kuat.
Hal yang sama disampaikankan Ketua MCW NU Kepanjen, Miftah Anwar. Dihubungi Malang Post, Miftah sama sekali tidak kawatir dengan Sanusi yang dicalonkan PDIP. Karena NU maupun PKB menurut dia memiliki stok yang banyak.
“Tidak bergantung pada satu kader, Pak Sanusi dicalonkan oleh PDIP tidak masalah. Ada banyak kader NU maupun PKB yang mumpuni, dan mampu merebut kembali kemenangan PKB dalam pesta demokrasi nanti,” kata dia.


Mantan Ketua PAC PKB Kepanjen ini mengatakan, kader-kader terbaik NU dan PKB sebenarnya siap melenggang di panggung Pilkada. Kini menurut dia, tinggal memainkan strategi saja.
“Prinsipnya soliditas. Kalau semuanya solid, dan berjuang bersama-sama tidak ada yang perlu ditakutkan. Kader NU yang diusung PKB pun mudah mendapatkan kemenangan,’’ katanya.


Dia mengatakan sangat optimis, PKB dapat memenangkan Pilkada. Sebab saat ini partai besutan Gus Dur itu sangat solid. “Kami akan mengawal penuh pasangan calon yang diusung PKB dalam pilkada,’’ kata pria yang juga Wakil Rois Syuriah PKB Kabupaten Malang ini.
Dia mengatakan, siapa pun yang akan diusung PKB pasti didukung semua warga NU.


Tidak jauh beda dengan  Ketua PCNU Kabupaten Malang dr Umar Usman. Ia mengatakan stok kader yang dimiliki NU sangat banyak. Dari stok itu banyak juga kader potensial, dan siap diusung dalam Pilkada.
“Tidak ada kekawatiran, karena memang stok di NU maupun di PKB sangat banyak. Jadi siapapun nanti yang direkomendasi,  kami akan memberikan dukungan penuh,’’ katanya.


Hal ini dikatakan Umar bukan lantaran ia berada dalam bursa calon. Sebaliknya lebih pada melihat secara objektif. “Dengan adanya dukungan dari (warga) NU, maka dukungan pun semakin besar,” tandasnya.  (ira/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Ira Ravika