Olahraga Harus Menjadi Gaya Hidup

Rabu, 16 Oktober 2019

Selasa, 10 Sep 2019, dibaca : 813 , aim, agung

MALANG - Plt. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, mengajak masyarakat untuk mencintai olahraga. Pernyataan ini disampaikan pada saat peringatan ke-36 hari Olahraga Nasional (HAORNAS) di Pendopo Kabupaten Malang, Jalan Panji, Kepanjen, Senin (9/9). Ajakan tersebut juga sesuai dengan tema HAORNAS tahun ini, yakni 'Ayo Olahraga, Dimana Saja dan Kapan Saja'.
Menurut Sanusi, tema yang diangkat memiliki makna bahwa olahraga itu mudah. Sebab bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.
"Olahraga tidak hanya harus dilakukan di fasilitas olahraga saja. Dan olahraga tidak hanya untuk jasmani, tetapi juga rohani," ucap Sanusi.
"Dengan sehat rohani kita juga berarti telah mendukung kebijakan Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju," sambungnya.
Dikatakannya, pembinaan atlit muda berbakat yang di dukung oleh talent identification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang. Indonesia tidak sekadar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan, Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu.
“Pada tahun 2018 Asian Games dan Asian Paragames, kita mendapat kado yang istimewa dari para atlet nasional. Peringkat ke 4 pada ajang Asian Games 2018 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 emas, 24 perak dan 43 perunggu. Dan yang lebih membanggakan atlet disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu” urainya.
Lebih lanjut, meningkatkan prestasi olahraga harus dilakukan pembinaan sejak usia dini. Atlet olahraga yang sudah berkiprah pun harus tetap dilakukan pembinaan secara berjenjang. Sehingga mereka siap ketika diturunkan dalam setiap event resmi. Salah satunya siap untuk mengikuti Olimpiade dan Paralimpiade Tahun 2020  di Tokyo.
Untuk optimalisasi pemasalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), yang  ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, Sanusi mengajak melaksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.
"Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup. Permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah," bebernya.
Sementara dalam peringatan Haornas 2019, Sanusi juga memberikan bonus pada atlet Kabupaten Malang. Mereka yang mendapat bonus adalah yang berhasil meraih medali emas, perak dan perunggu pada Porprov VI Jawa Timur beberapa waktu lalu.
"Bonus yang diberikan ini semoga menjadikan semangat atlet berlipat untuk terus mengukir prestasi," pungkasnya.(agp/aim)



Loading...