Parpol Pendukung Masih Bisa Gabung Cabup

Kamis, 28 Mei 2020

  Mengikuti :


Parpol Pendukung Masih Bisa Gabung Cabup

Minggu, 16 Feb 2020, Dibaca : 657 Kali

MALANG – Partai politik yang mengusung calon sendiri dalam Pilkada 2020 di Kabupaten Malang, minimal harus memiliki 10 kursi di DPRD. Sebanyak 20 persen dari jumlah anggota DPRD tersebut, sudah menjadi syarat yang ditetapkan oleh KPU. Di Kabupaten Malang hanya dua Parpol saja yang memenuhi syarat tersebut, yakni PDI Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).
Namun demikian, Parpol yang tidak memenuhi jumlah minimal kursi, bukan berarti tidak bisa mengusung calon sendiri. Mereka bisa mengusung calon sendiri, syaratnya harus berkoalisi untuk memenuhi syarat minimal 10 kursi.
“Partai yang tidak memenuhi jumlah minimal, namun mendapat kursi di DPRD, maka harus berkoalisi kalau ingin mengusung calon sendiri. Syaratnya hanya itu saja,” ujar Ketua Divisi  Hukum dan Pengawasan KPU Kabupaten Malang, Abdul Fatah.
Bagaimana dengan Parpol yang tidak mendapat kursi di DPRD?. Mantan Ketua Bawaslu Kabupaten Malang ini mengatakan, bahwa Parpol tersebut hanya dikatakan sebagai pendukung bukan pengusung. Karena pengusung harus memenuhi jumlah syarat minimal, sedangkan pendukung tidak harus.
“Kalau pendukung boleh siapa saja. Tetapi kalau pengusung syaratnya harus berkoalisi untuk memenuhi minimal 10 kursi. Dan Parpol pengusung harus dicantumkan saat calon yang diusung mendaftar di KPU,” tuturnya.
Lebih lanjut, Fatah menyampaikan, bahwa Parpol pengusung ketentuannya memiliki keterikatan syarat. Sehingga ketika nantinya ada persoalan di kemudian hari ketika calonnya yang diusung jadi, bisa mengusulkan calon.
“Contohnya ketika wakil atau bupati yang sebelumnya diusung bermasalah, maka yang mempunyai hak mengusulkan adalah Parpol pengusung. Parpol pendukung tidak bisa mengusulkan,” pungkasnya.
Sementara, Parpol yang mendapat kursi di DPRD Kabupaten Malang, namun tidak memenuhi syarat minimal adalah, Golkar mendapat 8 kursi, NasDem dan Gerindra sama-sama mendapat 7 kursi, PPP mendapat 2 kursi, serta Demokrat dan Hanura sama-sama mendapat 1 kursi.(agp/ary)

Editor : Bagus Ary Wicaksono
Penulis : Agung Priyo