Pemkot Tambah Tiga Lokasi Karantina, Tampung 380 Pemudik

Kamis, 28 Mei 2020

  Mengikuti :


Pemkot Tambah Tiga Lokasi Karantina, Tampung 380 Pemudik

Minggu, 26 Apr 2020, Dibaca : 3012 Kali

BATU - Pemkot Batu menyiapkan tiga shelter untuk karantina pemudik. Tiga shelter ini memanfaatkan gedung Bima Shakti Jalan Trunojoyo, P4TK di Desa Pendem dan Talitha Kum Metro Sisir. P4TK dan Talitha merupakan tambahan baru karena sebelumnya hanya gedung Bima Shakti disiapkan.
Pemkot Batu sebenarnya sudah  melarang warganya mudik, baik mereka yang ada di dalam kota maupun luar kota. Larangan itu sesuai dengan Instruksi Presiden terkait pencegahan dan penyebaran Covid-19.


Meski begitu bisa dipastikan masih ada pemudik yang membandel. Karena itu Pemkot juga telah menyiapkan shelter untuk karantina bagi pemudik dan menambah pos pemeriksaan di perbatasan pintu masuk Kota Batu.
"Sesuai Instruksi Presiden, Pemerintah kota/kabupaten wajib melarang warganya  mudik," ujar Wakil Satgas Covid-19 Kota Batu, Ir. Punjul Santoso M.M kepada Malang Post, Jumat (24/4).


Dia tak menyangkal jika ada pemudik yang tiba di Kota Batu, utamanya menggunakan mobil pribadi. "Karena itu kami juga siapkan tiga shelter pada tiap kecamatan untuk karantina pemudik. Kami juga menambah pos pemeriksanaan di perbatasan Kota Batu," imbuhnya.


Tiga shelter, meliputi Bima Shakti di Songgoriti dengan daya tampung 200 orang, P4TK Pendem bisa menampung 120 orang, dan Talitha Kum Metro Sisir bisa menampung 60 orang. Apabila kebutuhan ruang meningkat, kapasitas kamar bisa dioptimalkan menambah tempat tidur. Selain itu ada cadangan ruangan hall cukup luas siap dengan  tempat tidur
"Kami juga tambah pos pemeriksaan untuk kendaraan masuk ke Batu. Sebelumnya ada dua lokasi pemeriksaan di Simpang Tiga Pendem dan Songgoriti," terangnya.


Dua pos itu, kata dia, masih kurang efektif. Karena masih banyak pemudik melewati Cangar dari Kabupten Mojokerto dan Jalan Raya Giripurno dari Karangploso, Kabupaten Malang. Dua akses jalan menuju Kota Batu tersebut akan ditambah pos pemeriksaan, di Junggo atau pintu masuk dari arah pacet dan Pos Alun-Alun Kota Batu.


Waktu pelaksanaan cek poin setiap hari Jum'at sampai dengan Minggu Pukul 16.00 - 21.00 WIB. Khusus Alun-Alun akan berlangsung 24 jam.
"Untuk tambahan pos pemeriksaan atau posko cek poin, kami akan dibantu BUMN. Beberapa lembaga yang telah membantu diantaranya PD Jasa Yasa dan Kantor Pos. Bantuan berupa tenda, fasilitas wifi, TV, dan tempat tidur," pungkasnya. (eri/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Kerisdiyanto