Pengunjung Capai 95 Ribu Orang, Transaksi Tembus Rp 5,4 Miliar

Rabu, 16 Oktober 2019

Selasa, 10 Sep 2019, dibaca : 477 , aim, agung

MALANG - Malang Kabupaten Expo 2019 disambut antusias masyarakat. Selama lima hari digelar, jumlah pengunjung mencapai 95 ribu lebih orang. Rata-rata setiap harinya ada sekitar 19.100 orang yang datang ke pesta rakyat yang digelar di halaman luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen itu.
"Data jumlah pengunjung tersebut, hanya sampai Minggu (8/9) pukul 14.30 saja. Sedangkan untuk sore sampai malam hari, belum masuk pendataan," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Agung Purwanto kepada Malang Post.
Begitu juga dengan transaksi pertukaran uang selama gelaran Malang Kabupaten Expo 2019 berlangsung. Sejak Rabu (4/9) sampai Minggu (8/9) pukul 14.30, mencapai angka yang fantastis, yakni lebih dari Rp 5,4 miliar.
Rinciannya untuk sektor UMKM Mandiri, kuliner, Pemkot/Pemkab, provinsi, properti, BUMN, serta swasta binaan mencapai 40 persen dari jumlah transaksi. Yakni sebesar Rp 2,1 miliar lebih.
Sedangkan sektor jasa perbankan, perumahan, lembaga keuangan, otomotif, pertanian serta sektor pendukung seperti hotel, gerai oleh-oleh khas Malang, warung makan, parkir dan transportasi mencapai 60 persen. Yakni sebesar Rp 3,2 miliar lebih.
Sejak Malang Kabupaten Expo 2019 dibuka, pengunjung terus berdatangan. Mereka datang dari seluruh penjuru Malang Raya. Bahkan ada juga pengunjung yang datang dari luar kota.
Bahkan pada malam akhir penutupan pesta rakyat tersebut, jumlah pengunjung membludak. Selain karena akhir pekan, juga ada penampilan artis ternama Anji, yang hadir dalam acara penutupan.
Pada malam puncak penutupan, panitia juga mengumumkan untuk stand terbaik. Kategori umum, stand terbaik pertama adalah milik PT. Pembangkit Jawa Bali, kedua CCCD Project dan ketika Indomaret. Sedangkan kategori pemerintahan, terbaik pertama ada Dinas Perhubungan, kedua stand milik korwil Turen (Sumbermanjing Wetan, Tirtoyudo, Ampelgading, Dampit dan Turen), serta terbaik ketika milik Dinas Koperasi dan UMKM.
Penutupan Malang Kabupaten Malang Expo 2019, Minggu (8/9) malam ditutup oleh Plt. Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi.
Dalam sambutannya, Sanusi berharap dengan gelaran pesta rakyat tersebut, masyarakat puas dan bisa menikmati, termasuk bisa memperoleh manfaat positif.
Selain itu, lewat pesta rakyat itu, bisa pertukaran produksi atau promosi hasil produk antar penggiat IKM dan UKM antar daerah kepada konsumen. Sehingga ke depan produknya bisa semakin terkenal untuk meningkatkan kesejahteraan perekonomian masyarakat. (agp/aim)



Loading...