MALANG POST - Perantau Pulang, Langsung Didatangi Satgas Covid-19

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


Perantau Pulang, Langsung Didatangi Satgas Covid-19

Minggu, 26 Apr 2020, Dibaca : 4995 Kali

MALANG – Satgas Covid-19 Kabupaten Malang terus bergerak melakukan langkah antisipasi penyebaran virus. Pendataan terhadap warga yang baru datang dari luar kota terus dilakukan. Misalnya, Satgas Covid-19 di Kecamatan Kalipare. Minggu (26/4), Satgas Covid-19 Kalipare, mendatangi warga di Desa Tumpakrejo, Kalipare.


Satgas melakukan pengecekan data pribadi dan suhu badan kepada warga yang baru datang dari perantauan. Kasun Krajan 1 Tumpakrejo, Suyono menegaskan sejatinya pemerintah Kabupaten Malang telah melarang warga Kabupaten Malang di luar kota untuk mudik ke Malang.
”Sudah ada himbaun dari Pemerintah Kabupaten Malang bahwa dilarang mudik bagi warganya yang merantau. Apabila imbauan tersebut tidak diindahkan dan tetap mudik, maka Pemerintah Desa akan mengkarantina mereka selama 14 hari di Balai Desa Tumpakrejo, ” tutur Suyono, Minggu (26/04).


Setibanya di rumah warga yang baru saja pulang dari perantauan, satgas langsung melakukan serangkaian prosedur. Mulai dari pemeriksaan suhu tubuh, hingga pendataan identitas warga. Perantau yang baru datang juga ditanyai berbagai hal yang berkaitan dengan penyebaran virus Covid 19.
Mulai dari lokasi perantauan, status daerah yang menjadi tempat perantauan, serta pertanyaan soal adakah gejala seperti sesak dan demam sepulang dari perantauan. Setelah data diambil, pemangku desa mengantongi identitas warga tersebut, untuk terus dipantau selama 14 hari ke depan.


Bidan Desa Tumpakrejo Murniati Amd. Keb menyampaikan kunjungan tersebut adalah prosedur standar yang harus dilakukan dalam situasi seperti sekarang. “Kunjungan berkala adalah prosedur tetap yang dilaksanakan oleh tim medis, didampingi Bhabinkamtibmas dan Babinsa dengan tujuan agar bisa mengontrol perkembangan kesehatan bagi pendatang, ” terangnya.


Sementara itu, Kopral Satu Yunan Arief W selaku Babinsa Koramil 0818/13 Kalipare Desa Tumpakrejo menyampaikan bahwa pendataan pribadi dan pengecekan suhu badan kepada warga yang baru pulang dari perantauan sangat perlu dilakukan.
“Karena selain kegiatan ini merupakan perintah satuan atas juga merupakan pendeteksian dini kondisi warga yang baru pulang dari perantauan,” tutupnya.(fin/jon)

Editor : Jon Soeparijono
Penulis : Fino Yudistira