MalangPost - Petasan Meledak, Satu Orang Tewas

Senin, 13 Juli 2020

  Mengikuti :

Petasan Meledak, Satu Orang Tewas

Minggu, 24 Mei 2020, Dibaca : 6849 Kali

MALANG - Ledakan cukup hebat terjadi Minggu (24/5/2020) di Dusun Umbulrejo, Desa Balesari, Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang. Kejadian terjadi sekitar pukul 13.00 WIB itu menghebohkan warga sekitar. Ledakan diduga berasal dari puluhan petasan yang tersimpan.


Satu rumah milik Warno, warga sekitar rusak parah. Genting beterbangan sedangkan mebel-mebel yang ada di dalamnya juga rusak parah. Warno sendiri ikut dikabarkan tewas , setelah terkena ledakan petasan di rumahnya.

Warno tewas setelah puluhan petasan di rumahnya meledak, Minggu (24/5) siang. Keterangan Alfiona, anak korban kepada petugas, ayahnya itu memang sedang meracik mercon atau petasan. Sebelumnya, korban merangkai klontongan mercon yang terbuat dari kertas koran bekas.


Dibentuk potongan tinggi 10 cm dan dengan diameter 3 cm. Dia membeli obat mercon atau petasan dari Karno, tetangganya dengan harga Rp 200.000 per kilogramnya. Warno lalu pulang ke rumah. Minggu siang, Karno sempat nengantar obat mercon atau mesiu yang dipesan Warno.
"Selanjutnya dia mulai merangkai dan memasukkan obat mercon ke dalam cetakan klontongan yang sudah jadi dengan mengunakan alat tradisional dari potongan pipa. Lalu ia menekan dengan mengunakan kayu. Kemudian dimasukan sumbu," ungkap salah satu penyidik Polres Malang.


Saat menekan obat dan memasukan sumbu itu, korban tidak menyadari ada gesekan yang menimbulkan ledakan. Warno terpental sekitar dua meter dan mengakibatkan luka berat di tubuh. Warno sempat dibawa ke RS Wava Husada Kepanjen  namun kondisi luka yang parah, petani ini tak tertolong lagi atau meninggal dunia.


Tidak hanya rumah Warno, beberapa rumah tetangganya juga rusak.
Kanit Reskrim Polsek Ngajum, Ipda Eka Yuliandri Aska membenarkan, bahwa ada kejadian satu orang meninggal karena ledakan petasan di Kecamatan Ngajum.
“Betul, ada satu meninggal di Ngajum diduga karena petasan,” ujar Aska ketika dikonfirmasi.


Menurut mantan perwira yang pernah bertugas di Humas Polres Malang tersebut, saat ini seluruh anggota Unit Reskrim Polsek Ngajum sedang berada di lokasi, Dusun Umbulan Desa Balesari Kecamatan Ngajum, Kabupaten Malang.
“Sudah ditangani oleh Polsek Ngajum. Saya sekarang masih berada di TKP,” tambah Aska.


Kasus ini sendiri masih dalam penyelidikan anggota Satreskrim Polres Malang dan Polsek Ngajum. Polisi melakukan olah TKP di sekitar tempat kejadian. (mar)

Editor : Redaksi
Penulis : marga