MALANG POST - PKB Utak Atik Calon Lawan Petahana

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


PKB Utak Atik Calon Lawan Petahana

Minggu, 15 Mar 2020, Dibaca : 4974 Kali

PKB terus meramu strategi politiknya. Utak atik calon bupati-wakil bupati yang diusung di Pilkada pun masih dilakukan. Terbaru partai terbesar kedua di Kabupaten Malang ini memunculkan figur pengasuh  Ponpes An Nur II Al Murtadlo Bululawang, KH Khairuddin. Gus Din, sapaan akrab KH Khairuddin kini menambah banyak figur yang berpeluang melawan petahana, HM Sanusi.


GUS Din mencuat beberapa hari terakhir. Ia muncul saat rekomendasi calon bupati dan wakil bupati Malang dari PKB sedang digodok. Kabar terbaru, sedang dijajaki formasi duet Gus Din dengan Hj Lathifah Shohib, anggota FKB DPR RI dari dapil Malang Raya.
"Apa sudah mendapat kabar? PKB memunculkan nama yang tidak diprediksi. Pasangan ini disiapkan menjadi penantang serius San-Di (HM Sanusi - Didik Gatot Subroto)," kata sumber terpercaya Malang Post di internal PKB.

   Baca juga : Masih Optimis, Umar Siapkan Visi Misi

"Pasangan itu  Lathifah Shohib dan Gus Din. Hanya untuk komposisi N1 dan N2 masih dipertimbangkan," sambungnya.


Dipilihnya dua nama ini bukan sekadar asal menunjuk. Karena keduanya sama-sama memiliki power untuk melawan petahana. Lathifah Shohib, diketahui memiliki kader serta simpatisan Fatayat dan Muslimat NU yang cukup solid.
Begitu juga dengan Gus Din, yang tentunya memiliki pengalaman politik. Selain memiliki tim yang juga kuat, dia pernah running di Pilkada Kota Batu.
"Kalau memang benar Lathifah dan Gus Din yang mendapat rekom, pasti bakal menjadi ancaman serius untuk pasangan San-Di. PKB bisa memenangkan Pilkada," jelasnya.

   Baca juga : Gus Din Siap Dicalonkan


Sebelumnya, beberapa nama muncul bakal menjadi calon bupati-wakil bupati yang diusung PKB pada Pilkada 2020. Di antaranya dr. Umar Usman, Hasan Abadi, Ali Ahmad (Gus Ali), hingga Didik Budi Muljono, Sekda Kabupaten Malang. Bahkan mantan Menteri Tenaga Kerja (Menaker) M. Hanif Dhakiri, pernah dimunculkan sebagai bakal calon Bupati Malang.


Sedangkan dua nama seperti dr. Umar Usman dan Hasan Abadi, sudah pernah berkomunikasi dengan pengurus DPP PKB. Keduanya pun juga meyakini akan mendapat rekom. Meskipun kedua nama ini sejatinya bukan kader PKB, melainkan tokoh Nahdlatul Ulama (NU).
Sekretaris Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Malang, Ir. H. Kholiq ketika dikonfirmasi mengaku belum tahu soal nama Lathifah Shohib dan Gus Din. "Saya belum mendapat informasi soal itu (Lathifah Shohib dan Gus Din, red),” kata Kholiq.


Namun demikian, Politisi PKB ini belum mau memberikan bocoran. Ia mengatakan untuk kepastian calon menunggu keputusan resmi DPP PKB. Kini sembari menunggu keputusan DPP, partai berlogo bola dunia yang dikelilingi sembilan bintang itu terus melakukan konsolidasi internal.
Karena itulah, Kholiq memastikan PKB solid. Sekalipun ditinggal Sanusi yang berlabuh ke PDI Perjuangan, tetapi tidak akan berpengaruh pada suara partai. Bahkan belakangan kader dan simpatisan PKB  masih tetap solid untuk memenangkan Pilkada 2020.
"Saya yakin PKB  masih solid dan suara kader serta simpatisan tetap utuh untuk memenangkan Pilkada nanti," pungkasnya.(agp/van/lim)

Editor : Abdul Halim
Penulis : Redaksi