MalangPost - Ponpes Terbakar, Kerugian Rp 150 Juta

Kamis, 13 Agustus 2020

  Mengikuti :

Ponpes Terbakar, Kerugian Rp 150 Juta

Selasa, 21 Apr 2020, Dibaca : 3015 Kali

MALANG – Ketenangan warga serta santri di Desa Druju, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Selasa (21/4) dini hari mendadak panik. Pasalnya Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Hikmah yang berada di Dusun Wonorejo, tiba-tiba dilalap si jago merah sekitar pukul 01.30 WIB. Karena kobaran api cukup besar, bangunan Ponpes pun hangus terbakar.


Dari informasi yang dihimpun, kebakaran kali pertama dilaporkan oleh Imam, warga Desa Argotirto, Sumbermanjing Wetan. “Dari laporan masyarakat ini kami langsung mengirimkan tiga unit armada pemadam ke lokasi kejadian,” ujar Kasi PK Bidang PPBK Satpol PP Kabupaten Malang, Agus Suyanto kepada Malang Post, Selasa siang.


Setiba di lokasi petugas disambut bara api di tengah kegelapan. Karena seluruh penerangan di Ponpes seketika mati total. Supaya api tidak terus menjalar, petugas langsung melakukan pembasahan.
Butuh waktu lebih satu jam untuk memadamkan api. Namun begitu padam, bangunan Ponpes sudah hangus terbakar. Selanjutnya bersama dengan pihak kepolisian, petugas menyelidiki sumber kebakaran tersebut.
“Dari informasi yang didapat petugas, kebakaran sebenarnya terjadi sekitar pukul 00.00. Tetapi baru dilaporkan pukul 01.30, karena api terus berkobar,” ujar Ambon sapaan akrab Agus Suyanto.


Dugaan kuat kebakaran disebabkan karena terjadi korsleting listrik di dalam gedung. Arus pendek tersebut memercikkan api yang kemudian mengenai barang perabotan di dalam gedung. Api pun langsung menjalardan melalap barang-barang di dalam gedung.


Tidak ada korban akibat kebakaran tersebut, namun nilai kerugian diperkirakan cukup besar. Prediksinya kerugian yang dialami pihak Ponpes mencapai sekitar Rp 150 juta. Kasus kebakaran sendiri, saat itu langsung ditangani pihak kepolisian.(fin/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Fino Yudistira