MALANG POST - PPDB SMP Insan Amanah, Fasilitasi Peserta Didik dengan Program Vokasi

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


PPDB SMP Insan Amanah, Fasilitasi Peserta Didik dengan Program Vokasi

Rabu, 22 Apr 2020, Dibaca : 3168 Kali

MALANG - Sukses dengan programnya mendirikan SD Insan Amanah, kini Lembaga Pendidikan Islam (LPI) Insan Amanah mengembangkan diri dengan membuka lembaga jenjang pendidikan  lebih tinggi, SMP Insan Amanah. Sekolah ini telah membuka Pendaftaran Peserta Didik Baru untuk angkatan pertama tahun ajaran 2020-2021.


Komitmen SMP Insan Amanah sebagai lembaga pendidikan di Kota Malang yaitu mewujudkan generasi berakhlak mulia, berkarakter unggul, berteknologi dan berwawasan lingkungan. Sebagai satuan pendidikan yang baru didirikan, SMP Insan Amanah tampil di tengah publik dengan konsep dan ciri khas yang berbeda.
Sekolah yang berada di komplek Griyashanta Blok M Jalan Soekarno Hatta ini mengusung satu program yang berbeda dari SMP lainnya, yakni Pendidikan Vokasi.  Di program ini siswa dapat memilih bidang yang diminati sesuai bakat dan potensi mereka.  


Bidang itu antara lain Technopreneurship, Tata Boga, Saintis dan Penemu, Otomotif dan Elektronik, Jurnalisitik dan Bahasa, Fotografi dan Videografi, Desain Grafis, Animasi dan Multimedia.
“Selama lima hari mulai Senin sampai Kamis, kegiatan sekolah diisi dengan hal-hal yang bersifat akademik, pendidikan karakter, agama, lingkungan dan teknologi. Sedangkan Jumat dan Sabtu siswa belajar sesuai dengan passion masing-masing,” ucap Kepala SMP Insan Amanah, Dr. Suhardini Nurhayati, M.Pd.


Secara teknis dan sistem bimbingan pada siswa, pendidikan vokasi berbeda dengan porgram ekstrakurikuler. Program ini mendukung minat bakat peserta didik secara profesional berdasarkan talents mapping atau pemetaan bakat minat. Dalam hal ini SMP Insan Amanah telah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang profesional di bidangnya. “Jadi kami tidak main-main, selama dua hari pada tiap pekannya anak-anak akan dibimbing oleh pihak profesional,” tegasnya.  


Dini menerangkan, pendidikan vokasi yang menjadi program unggulan SMP Insan Amanah menjadi jawaban atas banyaknya kendala para remaja masa kini yang bingung akan bakat dan kemampuan dirinya. “Banyak remaja saat ini yang passioannya tidak jelas. Padahal dari SD sebenarnya sudah ada, hanya saja tidak mendapat wadah untuk mengembangkan potensinya, sehingga ketika mau masuk kuliah lebih banyak mengikuti saran orang lain bukan karena kemampuan dirinya,” tuturnya.


Demi hasil yang maksimal, program vokasi SMP Insan Amanah tidak asal-asalan. Semua telah terprogram dan disiapkan dengan perencanaan yang jelas. Penerapannya menggunakan modul pembelajaran yang memadukan soft skill, hard skill dan hybrid skill. “Dengan tujuan agar siswa mampu bertahan hidup dengan yang kemampuan yang dimiliki. Itu yang kita bidik,” tegas Dini.


SMP Insan Amanah juga mengembangkan program ekstrakurikuler. Bedanya dengan  program vokasi, ekstrakurikuler berarah pada hobi siswa di bidang olahraga dan seni. Sedangkan  vokasi atau ilmu terapan benar-benar mengunggulkan passion siswa.  
Dini mengungkapkan, untuk angkatan pertama SMP Insan Amanah tidak menerima banyak siswa. Pihaknya hanya membuka dua kelas dengan pagu 25 siswa setiap kelasnya.

“Karena ini program awal kita, maka harus benar-benar dijalankan dengan maksimal,” pungkasnya. (imm/sir/feb)

Editor : Febri Setyawan
Penulis : Imam Wahyudi