Pramuka Edukasi Cuci Tangan dan Jaga Chek Point

Kamis, 28 Mei 2020

  Mengikuti :


Pramuka Edukasi Cuci Tangan dan Jaga Chek Point

Minggu, 26 Apr 2020, Dibaca : 1230 Kali

MALANG – Memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kota Malang bersama BPBD Kota Malang melakukan pembagian masker dan mengedukasi masyarakat cara cuci tangan yang benar. Pengendara atau pengunjung Pasar Spilindid yang tidak memakai masker, langsung diberikan masker.


Kegiatan dilksanakan di depan kantor Kwarcab Pramuka Kota Malang di Jalan Brawijaya 1-A Kota Malang. 15 orang Pengurus Kwarcab Kota Malang beserta anggota BP. 1332 dan Saka
Bhayangkara Kwarran Blimbing bersama BPBD Kota Malang mengedukasi masyarakat mencuci tangan yang benar dengan sabun di air mengalir.
“Sinergitas dua lembaga ini,  Gerakan Pramuka dan BPBD akan memberikan trigger yang sangat luar biasa positif kepada Masyarakat yang membutuhkan. Sekaligus sebagai ladang pengabdian yang bernilai positif bagi insan Gerakan Pramuka dimanapun berada. Khususnya pengembangan karakter nilai-nilai luhur Pancasila, Dasa Dharma dan Tri Satya Pramuka,” kata Ketua Kwarcab Pramuka Kota Malang Heri Sunarko kepada Malang Post.


Kegiatan yang digelar di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) ini disambut antusias masyarakat, khususnya para pengunjung pasar Splindid Kota Malang, karena lokasinya berada di pintu masuk pasar burung dan tanaman terbesar di Kota Malang itu.
Tempat cuci tangan hasil kreasi dan inovasi Gerakan Pramuka Kota Malang ditampilkan dalam kegiatan itu. Tempat cuci tangannya tanpa menyentuh, tapi menggunakan pedal kaki, baik untuk mengeluarkan sabun dan mengucurkan airnnya.
“Masyarakat sangat antusias dengan sosialisasi yang kami lakukan,” terangnya.


Selain edukasi masyarakat, Gerakan Pramuka Kota Malang juga akan ikut dalam Posko Pos Check Point. 40 Personil Saka Bhayangkara Kwarran Blimbing akan bertugas mulai 24 April sampai dengan 30 Mei yang terbagi dalam 2 shift. Mereka akan bertugas di 3 Pos Check Point Stasiun Kota Baru, Terminal Arjosari dan Perbatasan Kota dan Kabupaten Malang Adi Putro.


Heri yang hadir di acara pelepasan Saka Bhayangkara , mengapresiasi tinggi semangat anggota presonel  Saka bhayangkara Kwarran Blimbing. Tetapi tetap berpesan untuk mematuhi SOP kesehatan dan keamanan saat bertugas.  Tetap berkoordinasi secara aktif dengan petugas lain di Pos Check Point khususnya unsur TNI-Polri .
“Selamat bertugas Satria Muda Gerakan Pramuka, Bismillah semoga Ridho, rahmat dan perlindungan Allah SWT. Selalu menaungi pengabdian kita kepada NKRI tercinta,” tandasnya. (aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Redaksi