Prestasi Bidang Pramuka Luar Biasa

Minggu, 20 Oktober 2019

Jumat, 13 Sep 2019, dibaca : 408 , rosida, imam

MALANG - Usianya memang tidak sematang sekolah atau madrasah Al-Irsyad Al-Islamiyyah lain yang ada di seluruh Indonesia. Tapi SMP Putri Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Malang mampu menunjukkan diri sebagai yang terbaik, khususnya dalam kepramukaan. Prestasi tersebut dibuktikan dengan diraihnya Juara Umum Jambore, pada (7/9) yang lalu. Prestasi ini disumbangkan para siswa SMP Putri Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Malang, di SMAIT Bisa School Purwokerto.
Berkompetisi dengan 20 regu pramuka putri dari seluruh sekolah Al-Irsyad Al-Islamiyyah, regu SMP Putri Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Malang berhasil mengumpulkan banyak medali. Sehingga regu bernama Anggrek ini dinobatkan sebagai Juara Umum.
Diantaranya, Juara 1 lomba PBB, juara 1 Yel yel, juara 2 Khitabah tiga bahasa, juara 3 Tahfidz, juara 1 Kebersihan Tenda, juara 3 LCC dan juara 3 nasyid.
"Prediksi kita tidak sebanyak itu sebenarnya, tapi anak-anak melakukan lebih dari yang kami bayangkan, mereka tampil percaya diri, dan Alhamdulillah hasilnya luar biasa," ucap, Kepala SMP Putri Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Malang, Nurul Rizki Rahmawati S. S.Pd., Gr.
Ia mengatakan, juara dalam bidang kepramukaan merupakan satu prestasi yang menjadi bukti bahwa pembelajaran di Al-Irsyad Al-Islamiyyah juga menguatkan karakter nasionalisme. Sebab dalam Pramuka tidak hanya diajarkan tentang keterampilan dan kecakapan saja, tetapi juga kecintaan terhadap Tanah Air.
"Ini akan pembuktian diri kita bahwa anak-anak juga kami ajarkan tentang nasionalisme," ungkapnya.
Salah satu siswa, Cika Gracella H mengatakan, banyak yang didapat dengan mengikuti Jambore Nasional Al-Irsyad Al-Islamiyyah. Selain adanya tambahan pengetahuan, kegiatan tersebut memberikan pengalaman yang baru bagi dirinya.
"Ini kegiatan pertama kali kami ke luar sekolah. Tentunya memberikan pengalaman baru bagi kami dengan bertemu teman-teman baru sesama siswa dalam satu naungan yang sama Al-Irsyad Al-Islamiyyah," katanya.
Cika merupakan salah satu siswa yang berprestasi dalam kegiatan jambore. Siswa kelas VIII ini menjadi juara 2 Khitabah tiga bahasa.  
"Dalam pidato saya mengangkat tema tentang keutamaan Alquran dengan menggunakan bahasa Indonesia, Arab dan Inggris," terangnya.
Sementara itu, prestasi siswa SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Malang juga tak kalah membanggakan dalam jambore tersebut. Mereka berhasil meraih Juara Umum Ketiga Putra. Dengan memenangkan empat perlombaan. Yakni  juara 1 lomba Yel yel, juara 2 Khitabah, juara 3 kebersihan tenda dan juara 3 regu terbaik.
Guru sekaligus pembina Pramuka SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Malang, Nurrida Dhestiana, M.Pd., mengatakan prestasi tersebut sudah cukup membanggakan. Mengingat yang paling diutamakan dalam sebuah kompetisi adalah usaha yang ikhlas dan sungguh-sungguh.
"Hasilnya kita serahkan pada Allah, dan kalau juara itu hanya bonus saja," katanya.
Ia menambahkan, jambore merupakan kegiatan yang komplek. Tidak hanya satu atau dua bidang saja potensi yang bisa digali dalam diri siswa melalui ajang tersebut.
Sebab disitu ada kompetisi, unjuk bakat, keberanian dan kemampuan siswa berinteraksi dengan orang lain.
"Maka yang kami tekankan pada anak anak yang adalah pengalaman dan pembelajaran selama pekan jambore. Termasuk juga ukhuwah Islamiyyah dengan siswa lain dari Al-Irsyad Al-Islamiyyah SE Indonesia," ungkapnya.
Di Al-Irsyad Al-Islamiyyah Kota Malang, kegiatan Pramuka dilaksanakan setiap hari Jumat. Di hari itu siswa diberikan pembinaan dan pelatihan. Agar siswa tidak hanya terampil tapi juga mampu mengamalkan nilai-nilai Pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Menjadi pribadi yang mandiri, sigak dan disiplin. (imm/sir/oci)



Jumat, 18 Okt 2019

Sebanyak 23 PT di Jatim Merger

Loading...