MALANG POST - Santai di Gamcheon Culture Village

Senin, 25 Mei 2020

  Mengikuti :


Santai di Gamcheon Culture Village

Sabtu, 14 Mar 2020, Dibaca : 4971 Kali

WISATA Korea Selatan  tak hanya Seoul.  Kota Busan juga layak jadi referensi tempat jalan-jalan ketika berkunjung ke Korea Selatan. Beberapa kawasan wisata yang ditawarkan pun tak kalah menarik dengan Seoul. Salah seorang penggemar traveling asal Kota Malang Gama Tirta Sanjaya berbagi cerita serunya wisata di Negeri Ginseng itu.


Destinasi wisata yang bisa dieksplor di antaranya Gamcheon Culture Village atau Desa Budaya Gamcheon, Taejongdae Resort Park hingga Busan Tower. Ketiga tempat ini berada di pusat Kota Busan. Cocok bagi pelancong yang suka dengan wisata keliling kota.
Gama sapaan akrab Gama Tirta Sanjaya mengatakan, saat pertama kali berkunjung ke Desa Budaya Gamcheon, ia langsung teringat Kampung Warna Warni Jodipan (KWJ) Kota Malang. Ternyata latar belakang menyulap Gamcheon Culture Village tak berbeda jauh dengan yang dilakukan di KWJ. “Katanya dulu desa ini kumuh. Nah setelah itu dapat perhatian Pemerintah Busan. Dijadikan warna-warni seperti ini persis seperti di Jodipan,” katanya Gama.


Dijelaskannya Gamcheon Culture Village merupakan desa unik di Kota Busan. Berada di kota Gamcheon-dong, Distrik Saha, Busan. Masuk ke desa ini, ditemukan jalur penuh lorong-lorong yang berliku-liku. Juga ada jalanan yang cukup curam. Namun sepanjang perjalanan pelancong akan menemukan pemandangan rumah-rumah yang dicat warna-warni juga ada yang terlihat tiga dimensi.


Wisata ke tempat ini tidak dipungut biaya.  Sudah begitu, mudah diakses. Dari Stasiun Busan langsung mengarah saja ke Stasiun Toseong. Lalu naik bus ke arah Halte Gamcheon Culture Village yang merupakan destinasi terakhir.
Di sana juga banyak makanan lokal yang bisa dibeli. Harganya mulai dari 3000 Won. Mulai dari kuliner Odeng, Hotteiok sampai makanan-makananan berat bisa didapatkan.
“Ada juga penjual souvenir dan aksesoris mulai dari 3000 Won. Kalau mau beli peta di Gamcheon juga cukup dengan biaya 2000 Won,” jelas alumnus Fakultas Teknik Universitas Merdeka (Unmer) Malang ini.


Tempat berikutnya yang dapat dibagi pengalamannya adalah saat Gama berkunjug ke Taejongdae Resort Park. Tempat ini terkenal dengan tebing pantai yang menawan ,hutan pinus dan jalan setapak yang layak dijelajahi. (ica/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Francisca Angelina