SD Insan Amanah Pamer Teknologi di ICCFE 2019

Rabu, 16 Oktober 2019

Selasa, 10 Sep 2019, dibaca : 699 , rosida, imam

MALANG - SD Insan Amanah memberikan inspirasi luar biasa untuk dunia pendidikan. Dalam acara Indonesia Climate Change Forum And Expo 2019, yang digelar di Medan Sumatera Utara beberapa waktu yang lalu, SD Insan Amanah tampil dengan performa yang berbeda.
Di antara puluhan stand expo yang ada, hanya SD Insan Amanah yang menampilkan karya Inovasi Teknologi (Inotek). Sebanyak sepuluh produk Inotek karya Guru SD Insan Amanah yang dipamerkan mampu menyedot perhatian para pengunjung expo termasuk Wakil Gubernur  Sumatera Utara dan Dinas Pendidikan Kota Medan.
Jika stan-stan yang lain lebih banyak menampilkan kerajinan daerah masing-masing, SD Insan Amanah yang diutus oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Pendidikan Kota Malang sekaligus Provinsi Jawa Timur, menampilkan karya yang tidak biasa. Yaitu sepuluh produk teknologi tepat guna yang ramah lingkungan.
Antara lain Smart Trash Bin (tempat sampah pintar), water cleaner robot, vacuum cleaner robot, automatic solar garden light (lampu taman otomatis tenaga Surya), pembangkit listrik tenaga mikro hidro dan Smart Electric Saver (alat penghemat listrik).
Tak heran jika performa SD Insan Amanah dalam acara Pekan Lingkungan Hidup tersebut menarik perhatian banyak pihak. Tak terkecuali pejabat DLH dan Dinas Pendidikan setempat.
“Saya mendapatkan pengalaman dan informasi yang luar biasa dengan menyaksikan produk inovasi teknologi SD Insan Amanah. Ini menjadi inspirasi bagi kami untuk membina sekolah Adiwiyata dalam mengembangkan produk teknologi tepat guna berbasis lingkungan,” ucap Miska G. Sari, Sekretaris Dinas Pendidikan Deli Serdang Sumatera Utara seperti dirilis Humas SD Insan Amanah.    
Imam Fahrudin, S.Pd, selaku guru dan Penanggungjawab IT SD Insan Amanah merasa sangat bersyukur bisa menghadiri acara Indonesia Climate Change Forum And Expo 2019. Menurutnya, tidak banyak sekolah yang mendapatkan kepercayaan untuk hadir dan tampil dalam acara yang digelar oleh The Climate Reality Project Indonesia dan didukung penuh oleh Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI tersebut.
Kesempatan yang sangat berharga itu diberikan oleh Pemerintah Kota Malang, karena SD Insan Amanah sebagai sekolah peraih gelar The Best Eco Teknologi dalam ajang Green School Festival 2019 Dinas Pendidikan Kota Malang. Imam mengatakan inovasi teknologi sangat dibutuhkan dalam menyikapi era digital.  
"Inovasi teknologi sangat dibutuhkan oleh bangsa ini. Kemajuan suatu bangsa juga bergantung inovasi teknologinya. Kalau tidak ada inovasi baru akan semakin jauh tertinggal dengan negara lain," ungkapnya. (imm/oci)



Loading...