Sinergi, 35 Komunitas SAR Gelar Latihan Gabungan

Selasa, 26 Mei 2020

  Mengikuti :


Sinergi, 35 Komunitas SAR Gelar Latihan Gabungan

Jumat, 13 Mar 2020, Dibaca : 3774 Kali

MALANG - 35 komunitas relawan penanggulangan bencana melaksanakan latihan gabungan potensi SAR. Kegiatan yang diselenggarakan di Waduk Selorejo akhir pekan lalu, diinisiasi Rescue Bela Negara dan SAR Samudera. Sebanyak 80 peserta hadir untuk mengikuti latihan gabungan ditambah 25 orang dari pihak panitia.


Ketua Rescue Bela Negara, Dr. Ganif Djuwadi, SST., S.Pd., M.Kes., mengatakan, latihan gabungan ini untuk membangun silaturahmi dan jejaring sesama relawan. Dalam pertemuan tersebut masing-masing komunitas berbagi pengetahuan dan keterampilan. Agar saat operasi SAR dapat bersinergi dengan baik.
"Sebenarnya kami sering melakukan latihan gabungan, hanya yang ini berdasarkan inisiatif sendiri untuk menyetarakan kemampuan" kata Ganif Djuwadi kepada Malang Post.


Ganif menuturkan, materi saat latihan gabungan berupa materi teori dan praktik. Hari pertama berkaitan dengan assessment kebencanaan, pertolongan pertama, vertical rescue, water rescue dan pemadaman kebakaran.  Hari kedua, peserta mempraktikkan teori yang sudah didapat di hari pertama.
"Praktik ini sangat penting mengingat kerja kami penuh dengan aksi di lapangan saat operasi berlangsung," ungkapnya.
Dalam Latgab tersebut Rescue Bela Negara memberikan materi tentang water rescue dan vertical rescue. Materi pertolongan pertama dan pemadam kebakaran oleh SAR Samudera dan materi assesment dari komunitas Jawadwipa.


Melalui berbagai materi tersebut, baik teori maupun praktik, para peserta dikenalkan dengan makna dan nilai-nilai bela negara, cinta tanah air dan rela berkorban untuk bangsa dan negara. "Di kegiatan rescue ada nilai rela menolong, yang menunjukkan bukti akan kebersamaan dan kepedulian terhadap orang lian," terang pria yang juga Wakil Direktur III Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang ini.


Melalui latihan gabungan ini menurutnya, dapat membetuk Forum Relawan Penanggulangan Bencana Malang.   Di tingkat provinsi forum ini sudah ada. Melalui jaringan yang tebentuk melalui latihan gabungan tersebut rencana pembentukan forum Relawan Penanggulangan Bencana dapat terwujud. “Kami menggagas untuk membentuk forum tersbut sebagai mitra Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD),” kata dia.


Selain pemebentukan forum, Rescue Bela Negara dan SAR Samudera bersama komunitas yang lain juga merencanakan latihan gabungan berikutnya. Dengan harapan skill dan keterampilan para anggota di masing-masing komunitas semakin meningkat.  
“Kalau berkaitan dengan penugasan kami berharap yang perlu diperhatikan pengetahuan dan keterampilan. Sebab tanpa itu akan seperti pisau bermata dua. Artinya di satu sisi kita ingin menolong karena jiwa sosial tapi di satu sisi kita tidak punya keahlian. Maka untuk menyelamatkan orang lain harus punya keterampilan lebih dulu,” jelasnya. (imm/adv/aim)

Editor : Muhaimin
Penulis : Imam Wahyudi