Tiga Daerah di Jatim Ajukan PSBB

Kamis, 28 Mei 2020

  Mengikuti :


Tiga Daerah di Jatim Ajukan PSBB

Selasa, 14 Apr 2020, Dibaca : 28362 Kali

SURABAYA - Tiga daerah di provinsi Jawa Timur: Surabaya, Sidoarjo dan Gresik membuka kemungkinan untuk mengajukan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ke pemerintah pusat untuk menekan laju virus corona. "Sekda yang melakukan koordinasi. Pak Sekda yang akan mengonfirmasi," ujar Gubernur Jawa Timur, Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (13/4) malam.

Sekdaprov Jatim Heru Tjahjono mengatakan, hingga kini belum ada kabupaten/kota yang mengajukan penerapan PSBB. Namun, dia masih melakukan koordinasi dengan Pemkot Surabaya, Pemkab Sidoarjo, dan Pemkab Gresik.

Dalam koordinasi itu, kata dia memang dibahas terkait kemungkinan penerapan PSBB dengan Sekretaris Kota Surabaya, Sekretaris Daerah Gresik, dan Sekda Sidoarjo. Tiga daerah itu juga telah melakukan screening di perbatasan daerah.

"Ini lagi kami koordinasikan kemungkinan-kemungkinan akan dilakukan PSBB. Tapi belum. Namun, hal-hal yang sifatnya seperti PSBB sudah dilakukan di Kota dan Kabupaten tersebut," kata Heru.

Sementara itu di seluruh Jatim, per Senin tercatat ada 475 kasus positif. Sebanyak 41 di antaranya meninggal. Seperti diketahui, dalam catatan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jatim, Surabaya, Sidoarjo, Gresik dan Lamongan, saat ini sudah masuk empat besar jumlah kasus positif covid-19 terbanyak di Jatim.

Hingga kemarin, di Kota Surabaya sendiri, tercatat sudah ada 208 kasus positif covid-19, lalu Sidoarjo saat ini ada 39 kasus. Sementara Gresik 17 kasus, serta Lamongan dengan 24 kasus. (cnn/ra/udi)

Editor : Mahmudi Muchid
Penulis : CNN