Tingkatkan Imunitas Tubuh

Kamis, 28 Mei 2020

  Mengikuti :


Tingkatkan Imunitas Tubuh

Rabu, 18 Mar 2020, Dibaca : 1320 Kali

BANYAK pandangan soal pandemi corona atau covid-19 yang tengah menjangkit dunia. Masker menjadi peralatan yang sering diperdebatkan, apakah perlu dipakai semua orang atau orang yang sakit saja. Namun Duta Ma Chung 2019, Eugenia Rysandra Ardine Hartono, tak mempersoalkan tentang perdebatan itu.  


Mahasiswi jurusan Sastra Inggris Universitas Ma Chung ini memilih menjaga diri dan kesehatannya seprotektif mungkin. “Gunakan masker ke tempat yang banyak orang. Jangan malu atau takut ditanyain orang, penting kita sehat terus,” ujar Ardine kepada Malang Post. Menurutnya, mencegah lebih baik daripada mengobati. Dengan memakai masker, Ardine merasa tidak akan mengganggu orang lain. Malahan masker memberi rasa aman dan nyaman kepada orang di sekitarnya, terutama dengan situasi kesehatan nasional yang sedang rentan saat ini.


Ardine sendiri menyebut, masker bukan satu-satunya cara untuk menjaga diri dari paparan virus. Menurut mahasiswi angkatan 2019 ini, cuci tangan yang dianjurkan oleh pemerintah, adalah cara efektif.
“Cara menjaga kesehatan menurut ku itu dengan sering cuci tangan. Terus, jangan gunakan sedotan, sendok dan alat makan lainnya secara bergantian,” ujar Ardine. Mahasiswi 19 tahun itu melanjutkan, makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh, juga menentukan kualitas kesehatan dan imunitas.
“Perbanyak sayur dan minum air putih. Penting banget minum air putih. Lebih baik sering buang air kecil daripada sakit. Kalo bisa minum air putih saja ya minum air putih saja, tak  usah yang aneh-aneh, jangan yang ada rasa-rasa manisnya, hehehe,” tambahnya.


Kombinasi antara konsumsi sehat, penggunaan alat perlindungan, serta rajin cuci tangan, semakin lengkap dengan istirahat cukup. Menurut penggemar olahraga bulu tangkis ini, istirahat cukup dan teratur, sangat membantunya untuk menjalani hidup sehat.
Ardine melanjutkan, meski senang badminton, dia juga rutin berolahraga seperti jalan kaki. “Kalau  mau olahraga yang tidak ribet ya jalan kaki saja. Jadi ngurangin penggunaan kendaraan bermotor,” tutur penghobi olah vokal tersebut.


Tentu saja, untuk menambah keseimbangan hidupnya, Ardine mengimbanginya dengan menyanyi. Menurut Ardine, menyanyi memberi dampak positif baginya. Karena, ketika sudah bernyanyi, Ardine merasa lupa dengan beban hidup dan lebih segar secara mental.(fin/van)

Editor : Vandri Battu
Penulis : Fino Yudistira