MalangPost - UKM di Kabupaten Malang Masih Eksis

Selasa, 04 Agustus 2020

  Mengikuti :

UKM di Kabupaten Malang Masih Eksis

Selasa, 03 Mar 2020, Dibaca : 9147 Kali

MALANG – Perjuangan Usaha Kecil Menengah (UKM) asal Kabupaten Malang untuk terus eksis, patut didukung oleh semua pihak. Pasalnya, UKM sebagai sokoguru ekonomi mikro, harus digalakkan demi meredam resesi ekonomi yang sudah di ambang pintu. Apalagi, merebaknya virus corona, menggoyang stabilitas ekonomi makro.


Nanang Sugeng Widiantoro, penggerak UKM dari Rumah Pengusaha Malang Raya (RPMR), mengatakan bahwa UKM di dalam komunitasnya kian solid untuk saling membantu.

“Di RPMR kami saling bantu, saling memasarkan produk dan menolong sesama anggota, karena situasi ekonomi tidak seperti dulu,” ujar Nanang kepada Malang Post, ditemui di workshopnya, Sitirejo Wagir, Senin (2/3).


Menurut pria yang juga mengelola Nanda Collection bersama sang istri Anida Mardiana itu, pameran-pameran besar UKM yang dulunya menjadi andalan, kini berangsur sepi. Situasi ekonomi secara global yang mulai gersang, memaksa para pelaku ekonomi mikro untuk memutar otak.
“Dulu pameran-pameran Inacraft masih sering, dan ramai. Setelah ikut pameran pasti order banyak. Sekarang kondisi ekonomi secara umum sedang sulit. Karena itu kami juga bergeser ke online shop untuk membuka peluang pemasaran yang lebih luas,” ujar Nanang yang pensiunan Pabrik Gula Kebonagung itu.


Kakek dua cucu itu mengatakan, Nanda Collection yang dikelolanya bersama sang istri, sudah bergerak aktif sejak tahun 2000. Meskipun, istri Nanang sebagai kreator karya, sudah membikin desain sejak tahun 1994. Produk UKM seperti mukena, taplak meja, tas, sarung bantal, sprei, tempat tisu yang terbuat dari katun jepang, adalah komoditi mikro dari Nanda Collection.
“Saat ini kami pemasarannya bisa seluruh Jawa, Jakarta, Surabaya, Gresik dan sebagainya,” ujar bapak dua anak tersebut. Pria yang hobi mengurus taman itu menambahkan, terbaru workshopnya sedang menggarap suvenir sejumlah 1100 buah untuk dikirim ke Kota Surabaya, Jawa Timur.(fin/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Fino Yudistira