MalangPost - Vespa Affinis, Tawon Mematikan Bersarang di Rumah Warga

Senin, 13 Juli 2020

  Mengikuti :

Vespa Affinis, Tawon Mematikan Bersarang di Rumah Warga

Jumat, 29 Mei 2020, Dibaca : 1638 Kali

MALANG – Petugas Damkar Kota Malang kembali berjibaku dengan sarang tawon. Kamis (28/5) petugas mengevakuasi tiga sarang tawon sekaligus di rumah warga Jalan Gilimanuk Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Dari tiga sarang tersebut, dua diantaranya adalah jenis tawon Vespa Affinis, yang bisa mematikan seseorang.


Tawon Vespa affinis atau tawon ndas merupakan salah satu jenis tawon yang berbahaya dan mampu membunuh manusia dalam waktu singkat. Tawon ndas bukan jenis tawon baru. Tawon ini juga  sempat ditemukan di Klaten dan menewaskan tujuh orang dalam rentang waktu dua tahun terakhir.
Kepala Damkar Kota Malang Teguh Budi Wibowo mengatakan, evakuasi sarang tawon dilakukan pukul 13.44. Ada empat petugas yang melakukan evakuasi. “Alhamdulillah petugas berhasil mengevakuasi tiga sarang tawon tanpa ada yang terluka,” ujar Teguh.


Tiga sarang tawon yang dieevakuasi, menurutnya selain jenis tawon Vespa Affinis atau tawon ndas, juga tawon jenis Apis Florea atau yang biasa dikenal dengan Klanceng. Sarang tawon ndas ini panjangnya sekitar 40 sentimeter, sedangkan sarang tawon klanceng sepanjang 10 sentimeter.


Teguh menambahkan, ketika warga ingin mengevakuasi tawon ndas sendiri, bisa dengan cara
menutup tiap lubang sarang dengan kapas yang dicelup bensin. Kemudian ketika tersengat, maka langsung dikompres air hangat atau disiram bensin sampai tidak terasa nyeri.


Aurelia Oky, pemilik rumah sudah menyadari adanya tiga sarang tawon sebelum puasa. Ia baru melapor ke Damkar Kota Malang, setelah ada seorang tukang bangunan yang bekerja di rumahnya tersengat tawon.
"Karena takut membahayakan keluarga dan warga sekitar, akhirnya saya menghubungi Damkar Kota Malang,” katanya.(mg4/agp)

Editor : Agung Priyo
Penulis : Asra Bulla