Wadah Berkreasi dan Berinovasi

Rabu, 27 Mei 2020

  Mengikuti :


Wadah Berkreasi dan Berinovasi

Senin, 23 Des 2019, Dibaca : 4287 Kali

Kali ini, kru Genzi berkesempatan berkenalan dengan Information Comunication and Technology Team atau biasa dikenal  IC Team yang berasal dari SMAN 3 Malang. Ekstrakurikuler ini merupakan wadah untuk para siswa-siswi yang berminat dan berbakat di berbagai ranah perkembangan teknologi. Dengan memberi ruang sebesar-besarnya untuk belajar maupun berkarya di bidang masing-masing.
“Untuk agenda rutin, kami memiliki empat divisi yaitu sinematografi, desain komunikasi visual, robotika, dan programming,” jelas Ketua umum IC Team Bhawikarsu Muhammad Danar Akbar.
Lalu, lanjutnya, ada ketua setiap divisi yang memiliki agenda pembelajaran masing masing bagi anggotanya. Ada juga event tahunan, dengan mengadakan lomba buat anak SMP yang berhubungan dengan teknologi.
Sebagai salah satu ekstrakurikuler yang bergengsi di bumi Bhawikarsu (sebutan bagi SMAN 3 Malang), tiap tahunnya selalu banyak pendaftar di ekskul ini. Pendaftar bisa mencapai sekitar 50 sampai 70 orang  yang melakukan regristasi. Tak heran antusiasme dengan banyaknya para pendaftar dan telenta-telenta yang dimiliki oleh ekstrakurikuler ini, karya-karya yang dihasilkan banyak yang membanggakan loh.
Para anggota dari IC Team sendiri juga sering diberi tugas menjadi kreator di bagian visual.
“Kalau saat kepanitiaan, IC team itu langsung masuk di kepanitiaan, tapi hampir semua masuknya di management creative. Jadi di situ ada seni visual dengan karya animasi atau teaser, desain untuk feeds asset atau poster. Dokumentasi acara ini rata rata anak-anak IC Team semua sih,” tambahnya.
Ekstrakurikuler ini juga menjadi langganan sekolah untuk membantu jobdesk-jobdesk yang dimiliki sekolah. Melalui berbagai karya yang bisa dipersembahkan agar lebih meringankan beban pengeluaran biaya ketika membuat konten yang berkaitan dengan sekolah.
Selain membanggakan dengan berprestasi di berbagai event atau perlomban, kehadiran IC Team juga bisa menjadi opsi langganan untuk melakukan banyak karya yang bisa mempermudah pengenalan dan kegiatan pembelajaran di sekolah.
“Udah ikut banyak lomba dan dapat beberapa penghargaan sih. Serta guru-guru juga banyak yang sudah percaya pada IC Team buat bikin video-video atau foto, misal profile sekolah ataupun video pembelajaran, video pendek dan video acara. Bisa dilihat langsung di youtube kami,” ungkapnya saat diwawancarai oleh kru Genzi.
Banyak hal yang bisa diraih dengan mengikuti ekstrakurikuler ini, bisa mendapatkan pelatihan-pelatihan tentang berbagai macam teknologi baru untuk diaplikasikan menjadi karya-karya yang hebat. Kedepan dengan belajar robotika, sinematografi, desain, progamming sejak dini, pastinya bakal berguna. Bukan hanya soft skill aja yang bertambah pastinya! Melalui IC Team juga akan bertemu keluarga yang baru.
“Seru ikut IC Team. Gara-gara sering satu sie jadi seperti punya keluarga, deadline yang sangat dekat juga menantang sekali buat kami,” tutupnya. (*/oci)

Editor : Rosida
Penulis : Genzi